Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Tidak Sesuai Motto, Event IUMKM Expo 2019 Terkesan Jadi Ajang Pentas Seni

Share it:
LANGSA - Event Langsa IUMKM Expo 2019 dengan motto "Bela dan Beli Produk Industri Usaha Mikro Kecil Menengah Sebagai Penopang Ekonomi Rakyat" terkesan berubah fungsi menjadi ajang seni.

Pasalnya dalam event tersebut pihak panitia pelaksana terkesan mengutamakan berbagai lomba bidang kesenian seperti, Cover Song Contest, Lipsync Contest, Video Creative Contest serta Menggambar dan Mewarnai. 

Hal tersebut disampaikan Aswan S Dirja, warga Gampong Serambi Indah yang merupakan salah seorang perijinan Gerabah Kota Langsa saat ditemui LintasAtjeh.com, Senin (16/12/2019) di kediamannya.


"Saya heran, mengapa event Langsa IUMKM Expo 2019 yang diselenggarakan oleh pihak Disperindagkop terkesan menyimpang dari tujuan kegiatan tersebut?" ujar Aswan, pendiri Kerajinan Gerabah Sanggar Asri itu. 

Menurutnya, dalam event tersebut tidak terlihat sebahagian besar perajin atau pelaku usaha kecil menengah di Kota Langsa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Hal itu dikarenakan menunjukkan ketidakmampuan Disperindagkop Kota Langsa dalam merangkul IKM dan UKM.

"Jadi, apakah kegiatan tersebut hanya sekedar untuk amprah anggaran akhir tahun sepaya tidak mati?" ketusnya. 

Dikatakannya, kerajinan gerabah Sanggar Asri Kota Langsa yang baru-baru ini mendapat anugrah UMKM berprestasi tingkat Aceh. Namun mengapa tidak di undang untuk ikut serta kegiatan tersebut. 

"Padahal dalam browser nya akan menampilkan sekitar 100 perajin dan UMKM unggulan Kota Langsa. Namun kenyataannya pameran tersebut tidak ada satu pun perajin yang ikut, apalagi unggulan," tandas Aswan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Langsa Zulhadisyah dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk UKM kepada masyarakat. 

"Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat mengenal sekaligus dapat membeli produk-produk UKM dari gampong yang ada di Kota Langsa," ujar Zulhadisyah dalam menyampaikan sambutannya pada pembukaan Langsa IUMKM Expo 2019, Sabtu (14/12/2019) kemarin.

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menghidupkan fungsi Pasar tradisional secara maksimal agar kedepan lebih ramai lagi. Terdapat 10 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut meramaikan stand dan 4 Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM) yang merupakan binaan dari Disperindagkop Kota Langsa," sebut Zulhadisyah.[Sm] 
Share it:

news

Post A Comment: