Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Tim PDC Abdya Monitor Konservasi Terumbu Karang di Pulau Gosong 

Share it:
loading...

ABDYA - Aktivis relawan peduli lingkungan tergabung dalam Pusong Diving Club (PDC) Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan kegiatan monitoring transplantasi serta pertumbuhan terumbu karang di wilayah konservasi terumbu karang Pulau Gosong Kecamatan Susoh.

Syamsul Kahar salah seorang anggota PDC Abdya, kepada LintasAtjeh.com Selasa (31/12/2019) mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara menyambut tahun baru dengan bentuk peduli ekosistem,lingkungan dan biota laut di Abdya. 

"Kegiatan ini sebagai bentu kepedulian kita terhadap konsevasi terumbu karang, sebelumnya Kita juga dari PDC sudah transplatadi sebanyak 400 ratus media terumbu karang serta 8 apartemen ikan,” jelasnya. 

Menurut Syamsul Khahar, transplantasi serta apartemen ikan dilakukan untuk kepentingan nelayan kedepannya mengingat hasil tangkap ikan bagi nelayan kecil sudah berkurang setiap tahunnya akibat dari banyak rusaknya terumbu karang di Abdya.

Selain itu sebut Syamsul Khahar, hal tersebut juga untuk membantu nelayan kecil untuk jarak tangkap ikan, dimana jarak tangkap ikan sangat jauh, diharapkan dengan banyaknya media terumbu karang dan apartemen ikan dapat menimalisir jarak dan dampak kejadian yang tidak diharapkan. 

'Ini merupakan kegiatan bulanan dalam monitoring pertumbuhan transplantasi terumbu karang, serta cara kami dalam menyambut tahun baru juga pastinya sesama aktivis peduli lingkungan" kata Syamsul khahar (aktivis lingkungan)

Dia juga menyebutkan, sejauh pemantauan PDC terdapat puluhan jenis terumbu karang dari empat tipe karang yaitu soft coral, boulder, plate, branching.selain itu banyak biota kima menandakan air laut bersih diwilayah konservasi pulau gosong secara keilmuan. 

"Sangat kami sayangkan dimana kurangnya kepedulian akan lingkungan laut, masyarakat juga menyalah artikan kegiatan ini, kami hanya mebantu nelayan kecil bukan untuk berwisata,” demikian tutupnya.[Adi S]

Share it:

varia

Post A Comment: