Iklan

Dongkrak PAD, Bupati Aceh Tamiang Instruksikan Empat Langkah Strategis

24 Januari, 2020, 21.23 WIB Last Updated 2020-01-24T14:23:27Z
ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang melaksanakan rapat evaluasi realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2019 dan evaluasi potensi/target PAD TA 2020, Jum’at (24/01/2020).

Pelaksanaan rapat yang berlangsung di Aula Setdakab setempat tersebut dibuka dan dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Tamiang yang didampingi Wabup HT. Insyafuddin, ST, serta para Asisten Setdakab, mengatakan bahwa PAD merupakan sumber utama penerimaan daerah, yang perlu terus ditingkatkan. 

"Salah satu potensi PAD daerah kita bersumber dari Dana Desa. Tinggal lagi, bagaimana anggaran Dana Desa tersebut direncanakan dan dikelola secara baik, agar dapat menghasilkan PAD," terangnya.

Kemudian, Bupati Mursil mencontohkan  daerah yang berhasil meningkatkan penerimaan PAD dengan upaya pengembangan di sektor pariwisata yang dibangun menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa.

“Beberapa daerah di Indonesia, salah satunya Banyuwangi, PAD-nya meningkat dikarenakan ada sektor pariwisata yang dikembangkan dengan menggunakan anggaran ADD dan digerakkan oleh masyarakat desa," ungkapnya lagi.

Ia melanjutkan, dalam upaya mendongkrak PAD, Pemkab Aceh Tamiang akan menitikberatkan empat langkah berikut, yakni Pertama, intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan daerah. Kedua, peningkatan pelayanan kepada wajib pajak/retribusi daerah. Ketiga, Peningkatan peran dan fungsi SKPK sebagai ujung tombak pelayanan publik. Dan yang keempat, peningkatan koordinasi dan sinergitas melalui kerjasama di bidang pendapatan daerah dengan pemerintah pusat, kabupaten/kota serta beberapa instansi terkait.

"Sebagai upaya meningkatkan PAD, diharapkan kerjasama dari semua pihak, terutama seluruh perangkat daerah baik camat, kepala desa dan instansi vertikal agar meningkatkan perannya," pinta Bupati Mursil. [ZF]

Komentar

Tampilkan

Terkini