-->

Iklan

Kandang Ternak 'Ayam Potong' di Suka Mulya Beroperasi Kembali, Ini Penjelasan Kadistanbunnak Atam

17 Januari, 2020, 11.25 WIB Last Updated 2020-01-17T04:52:16Z
ACEH TAMIANG - Kandang ternak ayam potong milik Ima Wati, warga Desa Suka Mulya, Kemukiman Sapta Jaya, Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang, yang sempat ditutup sekitar pertengahan tahun 2019 kemarin akan beroperasi kembali.

Kandang ternak ayam potong yang beberapa bulan lalu pernah dikeluhkan  warga karena merasa lingkungan mereka berbau dan diserbu hama lalat, namun dikabarkan, pada hari Jumat, 17 Januari 2020, akan kembali dimasukkan bibit ayam yang baru.

Atas rencana tersebut, Kamis (16/01/2020) sore, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan (Kadistanbunnak) Aceh Tamiang, Yunus SP, melakukan pengecekan langsung ke lokasi kandang milik Ima Wati di Desa Suka Mulya.

Usai melakukan pengecekan kandang, Kadistanbunnak Yunus, memberikan penjelasan kepada para warga di Kemukiman Sapta Jaya tentang sebab beroperasinya kembali kandang milik Ima Wati yang berlokasi di Desa Suka Mulya.

Menurut penjelasan yang disampaikan Yunus, kandang ternak ayam potong milik Ima Wanti sudah diperbolehkan memasukkan bibit ayam yang baru karena telah memenuhi syarat dan memiliki izin lingkungan,serta izin usaha.

Lanjut Yunus, untuk kebersihan kandang, harus tetap dijaga, dan apabila ada laporan bahwa kandang tidak bersih maka operasional kandang akan diberhentikan, lalu pemilik kandang harus membuat surat pernyataan dengan pihak masyarakat setempat.

Tambahnya lagi, kandang yang berkapasitas 8.000 ekor ayam itu, sudah mengantongi surat rekomendasi, mulai izin lingkungan dari masyarakat sekitar kandang, kemudian rekomendasi dari Datok Penghulu Suka Mulya, serta izin dari Dinas Lingkungan Hidup (DLHL Aceh Tamiang

"Tidak ada hak kami untuk menahan pembuatan surat rekomendasi, apabila sudah ada persetujuan dari masyarakat sekitar kandang. Mari kita saling menjaga hubungan yang baik, antara pemilik kandang dengan masyarakat sekitar," demikian pinta Kadistanbunnak Yunus.

"Dan mari juga kita sama-sama mengawasi kebersihan kandang ayam ini agar tidak lagi menimbulkan hama lalat dan aroma yang tidak sedap," pungkasnya.

Pantuan LintasAtjeh.com, sejumlah pejabat yang turut hadir dan mendampingi Kadistanbunnak Aceh Tamiang, Yunus, SP,  saat melakukan pengecekan kandang di Desa Suka Mulya, yakni, Sekretaris Distanbunnak drh M. Nasir, Camat Rantau diwakili Kasi Pendapatan  Agus, Mukim Rantau Miswon, Sekdes Suka Mulya Ari, Babinsa Pelda Hariadi, dan Babinkamtibmas Brigadir David Purnama, SH. [ZF]

Komentar

Tampilkan

Terkini