-->








Sekda Basyaruddin Pimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-74 di Aceh Tamiang

03 Januari, 2020, 21.19 WIB Last Updated 2020-01-03T14:19:48Z
ACEH TAMIANG - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-74, bertempat di halaman Kantor Kemenag setempat, Jumat (03/01/2020). Upacara tersebut dipimpin oleh Sekda, H. Basyaruddin, SH.

Dalam kesempatan itu, Sekda Basyaruddin, menyampaikan amanat Menteri Agama RI, Fachrul Rozi terkait tema peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 yakni "Umat Rukun, Indonesia Maju".

Sejalan dengan tema itu, Sekda mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama sebagai modal untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

"Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat," ucap Basyaruddin.

Dalam kesempatan itu, secara khusus dirinya juga mengajak jajaran Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang untuk memahami sejarah Kementerian Agama, serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks agama dan negara.

Kemudian, tambahnya, menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, serta dapat menyelaraskan antara kata dengan perbuatan, dan menyesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan. 

"Tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan," imbuhnya.

Selanjutnya, Sekda juga mengajak jajaran Kementerian Agama untuk memperkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat. 

Lalu, tambah Sekda lagi, merangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.

"Implementasikan visi dan misi pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan perguruan tinggi keagamaan," demikian disampaikan Sekda Aceh Tamiang, H. Basyaruddin, SH.

Dalam upacara peringatan Hari Amal Bakti ke-74 ini diberikan penghargaan berupa piagam gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Tahun 2019, "Lencana Karya Satya" secara simbolis kepada Kepala Kantor Kemenag Aceh Tamiang Hasan Basri, dan Perwakilan Aparatur, Dorimatun, serta Saparuddin. Total penerima penghargaan sebanyak 42 orang.[ZF] 
Komentar

Tampilkan

Terkini