-->

Iklan

Dampak Covid-19 Bagi Mahasiswa Mengutungkan atau Merugikan?

04 Juli, 2020, 17.00 WIB Last Updated 2020-07-04T10:00:21Z
Penyebaran virus corona (Covid-19) yang melaju dengan sangat cepat mengakibatkan beberapa perguruan tinggi salah satunya Universitas Islam Negeri ar-Raniry mengubah kebijakan takait dengan proses pembelajaran. 

Salah satu cara untuk menekan lajunya penyebaran virus ini adalah dengan pembatasan sosial dan menjaga jarak, oleh karena itu pembelajaran dalam jaringan (daring) menjadi alternatif yang dipakai agar mahasiswa tetap melakukan kegiatan perkuliahan tanpa harus bertatap muka lansung. Tak mudah memang untuk mengubah kebiasaan mahasiswa yang biasanya melakukan perkuliahan dengan tatap muka kemudian beralih ke daring. Bukan tidak bisa, tapi akan mengalami kesulitan yang sering dirasakan.

Pertama, keterbatasan jaringan untuk mengakses internet. Karena pembelajaran daring akan lebih mudah jika didukung oleh jaringan yang kuat dan memadai. faktor utama yang membuat mahasiswa kesulitan dalam mengakses jaringa dikarenakan tempat tinggal mahasiswa yang berbeda-beda, ini juga menjadi salah satu kendala yakni akses sinyal yang sulit. Belum lagi dalam proses pembejaran menggunakan media yang beragam seperti, Whatsapp, Classroom, Zoom Metting, dan sebagainya yang tentunya memerlukan jaringan atau sinyal yang memadai.

Kedua, kesulitan memahami materi yang disampaikan. Perkuliahan yang dilakukan secara daring juga berpengaruh pada pemahaman materi. Sebab kebanyakan mahasiswa akan lebih paham dengan materi yang diberikan ketika belajar secara lansung bukan dengan tatap layar hanpone dan ini cenderung dinilai kurang efektif dalam pemahaman materi yang diberikan.

Ketiga, pemberian tugas secara masal dan mendadak, itu juga memberatkan mahaiswa. Dosen memberikan bergam tugas lalu meminta mahasiswa mengumpulkan tanpa menjelaskan materi terlebih dahulu. Jadi perkuliahan hanya berlansung satu arah saja tanpa adanya dialog seperti halnya perkuliahan yang dilakukan dengan tatap muka.

Beralih dari beberapa kendala di atas ada juga bebrapa keuntungan dari pembelajaran secara daring ini salah satunya spereti sekarang kita dapat memnafaatkan sosial distancing dengan ikut join berbagai seminar,j pastinya tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pendaftaran dan ongkos perjalanan.

Penulis :  Siti Rafizah (Prodi Hukum Tata Negara, Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Ar-Raniry)

Komentar

Tampilkan

Terkini