-->


Pemulangan Warga Aceh di Malaysia, Jenderal Doni Monardo Menerima Panglima GAM Muzakir Manaf, Ada Apa!

05 Juli, 2020, 00.25 WIB Last Updated 2020-07-04T17:26:51Z
LINTAS ATJEH | JAKARTA - Jenderal Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19, menerima delegasi Aceh dari KPA/ PA yang dipimpin oleh H. Muzakir Manaf alias Mualem, Jumat (3/7/2020).

Pertemuan yang berlangsung bersahabat dan penuh keakraban berlangsung selama dua jam, membahas rencana pemulangan warga Aceh yang berada di Malaysia akibat Pandemi Covid-19. Demikian disampaikan oleh Senator Fachrul Razi anggota DPD RI yang mendampingi Mualem selama di Jakarta saat bertemu dengan Jenderal Doni Monardo dan beberapa pejabat tinggi negara lainnya. Pertemuan ini juga dihadiri Senator DPD RI Abdullah Puteh, Senator Fachrul Razi dan Tgk Irsyadi.

Fachrul Razi mengatakan banyak hal positif dan titik terang dari hasil pertemuan Mualem dan Kepala BNPB, dalam rangka memulangkan warga Aceh dari Malaysia. 

"Kepala BNPB dalam memenuhi permintaan Mualem, akan segera mengkoordinasikan pemulangan warga Aceh yang berada di Malaysia, karena koordinasi pemulangan berada penuh dibawah wewenang ketua Gugus Tugas yang komandoi oleh Jenderal Doni,” jelas Fachrul Razi.

Awal Pertemuan, Doni Monardo yang juga Mantan Komandan Kopassus mengingatkan sejarah ketika berdinas di Aceh pernah terlibat kejar-kejaran dengan mualem.

“Saya dulu mencari mualem, dan mualem mencari saya karena pada saat itu sedang berlangsung konflik Aceh dimana Mualem sebagai panglima GAM yang sangat di cari-cari pada saat itu,” kenang Doni Monardo yang pernah tinggal di Aceh sejak kecil umur 1 tahun.

“Mualem itu sahabat saya, dulu kami saling bermusuhan, namun sekarang adalah sahabat, dulu masa konflik, saya mencari Mualem kemana-mana guna mengantarkan surat rahasia dari Wakil Presiden Yusuf Kalla untuk diserahkan ke Mualem, bahkan saat tsunami terjadi posisi saya sedang berdinas di Aceh,” kenang Doni Monardo kepada rombongan Mualem.

Mualem dalam pertemuan tersebut menjelaskan nasib masyarakat Aceh di Malaysia yang terimbas Covid-19 untuk dapat dipulangkan ke Aceh.

“Kami sudah bertemu dengan Menteri Perhubungan RI dan Kepala BP2Mi, saat ini melakukan pertemuan dengan BNPB dalam rangka mengkoordinasi pemulangan ribuan rakyat Aceh di Malaysia," ujarnya.

Jenderal Doni menyambut baik upaya Mualem untuk berinisiatif memperjuangkan kepulangan ribuan rakyat Aceh di malaysia untuk di bantu pemulangan ke Aceh. 

"Kami segera akan mengkoordinasikan dengan Menlu, Menhub, Satgas TNI dan tim BNPB Satgas Covid-19 dalam waktu dekat sepulang saya dari Papua,” terangnya.

Doni mengatakan bahwa memulangkan ke Aceh bukanlah persoalan sulit, namun pemulangan ini harus sesuai dengan protokol kesehatan, mekanisme dan rencana yang matang, karena tingginya angka penyebaran virus corona juga akibat kepulangan beberapa warga negara Indonesia yang baru kembali dari negeri Malaysia. 

"Kita akan siapkan tim, alat pencegahan diri serta akan mengkoordinasikan lokasi isolasi bagi warga untuk di cek kesehatannya ketika tiba di Aceh,” jelas Doni.

Di akhir pertemuan turut bergabung kepala BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) Benny Rhamdani yang juga memastikan keadaan warga yang berstatus pekerja migran asal Aceh di Malaysia.
Komentar

Tampilkan

Terkini