-->

Iklan

Dandim Aceh Selatan Buka Upacara Latorlan 17 Prajurit Tamtama Baru Kodim 0107/Aceh Selatan

31 Agustus, 2020, 11.44 WIB Last Updated 2020-08-31T05:14:41Z


LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R Sulistiya Herlambang HB membuka Latihan Perorangan Lanjutan (Latorlan) bagi 17 Prajurit Tamtama Remaja baru (Taja) PK TNI AD GEL. II TA. 2019 [OV] yang berlangsung di Aula Makodim 0107/Aceh Selatan Jl. TR Angkasah Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Senin (31/08/2020). 

Diketahui, 17 Tamtama Remaja yang baru masuk Satuan Kodim 0107/Aceh Selatan ini merupakan putra-putra terbaik dari Kabupaten Aceh Selatan sendiri yang baru saja selesai pendidikan di Rindam IM gelombang Ke II TA 2019 [OV]. 

Di awal amanatnya, Dandim Aceh Selatan mengucapkan selamat datang bagi warga baru Kodim 0107/Aceh Selatan. Gelaran kegiatan Latorlan sebut Dandim, merupakan ciri khas dalam hal tradisi satuan yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan Spirit Corps, moril, disiplin, kebersamaan, dan soliditas satuan dan juga sebagai tolak ukur bagi kesiapan dan kemampuan personel baru sebelum masuk ke koramil masing-masing serta nantinya ke daerah binaan masing-masing. 

Oleh karena itu, lanjut Dandim, dalam melaksanakan latorlan ini, hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pelaku latihan adalah melaksanakan setiap materi yang diberikan dengan sungguh-sungguh dan semangat sehingga dapat mewujudkan prajurit yang mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya yang akan di hadapi. 

"Kegiatan latorlan ini merupakan suatu tradisi bagi prajurit yang baru masuk di kesatuan baru. Diharapkan, dengan adanya kegiatan latorlan ini, setiap prajurit dapat memiliki dan mengerti akan tugas pokok dalam mewujudkan profesionalisme prajurit melalui pembinaan, doktrin maupun latihan." papar Dandim. 
Kepada Taja baru, Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan berpesan agar dengan segera beradaptasi dan harus memiliki semangat belajar dan mau membuka wawasan. 

"Disini perlu kita sampaikan dan harus dipahami oleh seluruh Tamtama Remaja, dalam kegiatan latorlan ini sesuai tuntutan tugas dan jabatan yang akan di emban dalam mendukung tugas pokok satuan teritorial." sebutnya lagi. 

Dandim melanjutkan, tugas kedepan semakin berat dan kompleks, untuk itu, pesan Dandim, sebagai prajurit di satuan teritorial maka harus mempersiapkan diri dengan berlatih sungguh-sungguh, sehingga siap dan mampu menguasai daerah binaan nantinya dengan operasional dalam menghadapi situasi dan kondisi kedepan.

Terakhir, Komandan Kodim meminta kepada pelatih agar membina Taja Baru itu dengan baik dan mencapai sasaran, sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi satuan maupun Komando sebagai pengguna Latorlan. 

"Adakan pengawasan dan pengendalian secara ketat dan melekat selama penyelenggaraan latorlan, agar realisme dapat diwujudkan sesuai dengan skenario yang telah direncanakan. Laksanakan evaluasi pada setiap latihan secara cermat, agar diketahui setiap kekurangan untuk dapat diperbaiki pada tahap berikutnya." tutup Dandim.

Ikut hadir dalam Upacara pembukaan Latorlan Taja tersebut, Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Emri S Siregar, Para Perwira Staf serta seluruh Danramil dan Danposramil jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan. [KGB/Pendim Asel]
Komentar

Tampilkan

Terkini