-->

Iklan

KKN BK Unimal Kelompok Perorangan 103 Ikut Berpartisipasi dalam Kegiatan Posbindu

19 November, 2020, 15.43 WIB Last Updated 2020-11-19T08:43:10Z

 

LINTAS ATJEH | ACEH UTARA - Nurlian, salah satu mahasiswi KKN BK Unimal khususnya kelompok perorangan 103 ikut bekerjasama untuk melakukan pemeriksaan KGD (kadar gula darah) dan pengecekan tensi darah bersama dokter dan bidan dari Desa Serbajaman Baroh, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau Gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan.


Data dari riset kesehatan Dasar (Riskesdas) kementerian kesehatan republik Indonesia menunjukkan bahwa pada tahun 2013, sekitar 6,9 % penduduk di Indonesia dianggap mengalami diabetes. Jika tidak dikelola dengan baik, diabetes dapat menyebabkan terjadinya komplikasi, seperti penyakit jantung koroner, stroke, obesitas, serta gangguan pada mata, ginjal dan saraf.


"Sebagai bagian dari salah satu program mahasiswi KKN BK kelompok perorangan 103 ikut partisipasi dalam melakukan pemeriksaan KGD (kadar gula darah) dan pengecekan tensi darah untuk mengajak masyarakat khususnya lansia di desa Serbajaman Baroh agar semakin sadar akan bahaya penyakit diabetes melitus dan cara pencegahannya," ungkap Farhani selaku Bidan Desa Serbajaman Baroh, Senin (26/11/2020) lalu.

Ia menjelaskan, masyarakat Indonesia masih kurang sadar akan penyakit diabetes melitus ini dan kerap menyepelekannya. Padahal Indonesia menempati urutan ke enam dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi. Untuk itu pada tanggal 26 Oktober 2020 melakukan kegiatan KGD (kadar gula darah) untuk mengedukasi masyarakat akan masalah ini. 

"Diantaranya berupa pemeriksaan gula darah, edukasi tentang pola makan sehat, serta topik-topik kesehatan," dinukil keterangannya, Kamis (19/11/2020).

Sementara itu Dosen Pembimbing Lapangan, Khairawati, S.E, M.Si, berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif khususnya untuk masyarakat lansia dalam melakukan pencegahan penyakit diabetes.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini