-->

Iklan

Mahasiswa KKN Unimal K057 Bersama Satgas Covid-19 Aceh Tenggara Data Orang Keluar Masuk Perbatasan

20 November, 2020, 23.41 WIB Last Updated 2020-11-20T16:41:11Z

LINTAS ATJEH | ACEH TENGGARA - Mahasiswa KKN Unimal K057 yang diketuai oleh Habib Maulana dan 6 anggota yaitu Ainun Rahmi, Adena Rianti, Berliana Simanjuntak, Desy Berutu, Intan Tri Aulia, dan Nadya Hayana, telah melakukan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) selama satu bulan yang bertempat di perbatasan Aceh Tenggara bersama Satgas Covid-19 untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dengan membantu Tim Satgas melakukan pendataan orang keluar masuk Kutacane-Medan. 

Hal ini dilakukan sebagai penerapan protokol kesehatan yang sudah ditugaskan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara. Tim Satgas Covid-19 terdiri dari Tim Medis, Aparat TNI, Kepolisian, Satpol PP, dan Dishub yang tergabung dalam BPBD (Badan Penangulangan Bencana Daerah) Aceh Tenggara.

Pendataan yang dilakukan bersama tim satgas meliputi pengecekan suhu, meminta surat kesehatan, menyemprotkan desinfektan pada kendaraan dan lingkungan sekitar posko perbatasan. 
Kemudian, mahasiswa KKN K057 juga turut membantu mencatat biodata orang keluar masuk Aceh Tenggara dengan mencatatkan NIK, nomor hp, umur, asal, dan tujuan daerah yang akan dikunjungi.


Ketua KKN K057, Habib Maulana, menjelaskan selain melakukan kegiatan di posko bersama Satgas Covid-19. Dengan membantu pekerjaan satgas, mahasiswa KKN juga turun ke lapangan melakukan program KKN yang sudah dirancang dari awal. Sehingga tidak hanya menetap di posko. 


"Selama menjalani KKN Kelompok 057 sudah menyelesaikan semua program kerja yaitu pembuatan handsanitizer alami, pembagian masker, penempelan poster, dan pembagian brosur kepada masyarakat kecamatan Babul makmur. Serta telah melaksanakan edukasi cuci tangan kepada anak-anak dan ikut serta kampanye Covid-19 dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional bersama Puskemas Lawe Perbunga pada tanggal 12 November lalu," ungkap dia.


Sementara Kabid BPBD Aceh Tenggara, Agung menyambut baik program kerja yang dilakukan mahasiswa KKN K057 ini terutama bantuan pendataan orang keluar masuk perbatasan melalui google from.


"Kalian membantu dan mempermudah pekerjaan orang yang melakukan pendataan diposko dan  bagus sekali berinisiatif terjun juga ke lapangan," tutur Kabid yang dijumpai Senin lalu.


Semua program yang dilakukan tersebut dibimbing oleh Deassy Siska S.Si.,M.Sc., selaku Dosen Pembimbing Lapangan K057. Kegiatan KKN COVID-19 ini berlangsung selama 1 bulan terhitung sejak 20 Oktober 2020 sampai 20 November 2020.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini