-->

Iklan

Daun Binahong, Ini 9 Manfaatnya Untuk Kesehatan

27 Desember, 2020, 00.19 WIB Last Updated 2020-12-26T17:19:34Z

Daun binahong sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: Wikipedia)


MANFAAT daun binahong untuk kesehatan tubuh manusia ternyata cukup banyak. Pasalnya, berbagai kandungan ada di dalamnya. Daun binahong yang bisa tumbuh di dataran rendah dan tinggi juga bisa diolah menjadi obat-obatan herbal.


Tanaman dengan nama latin Anredera cordifolia ini mengandung saponin, alkaloid, minyak atsiri, asam askorbat, asam oleanolic, dan antioksidan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Daun binahong juga berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antinyeri yang sangat penting bagi kesehatan.


Julukan "daun ajaib" pun disandang binahong karena kemampuannya menghalau berbagai penyakit kronis. Bahkan, hampir seluruh bagian tanamannya bisa dimanfaatkan untuk terapi herbal.


Daun binahong sendiri dipakai sebagai obat tradisional sejak ribuan tahun silam. Selain di Indonesia, daun binahong juga banyak dijumpai di Korea Selatan, China, dan Madagaskar.


Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut Okezone rangkum sembilan di antaranya, seperti dikutip dari Dr Health Benefits, Senin (21/12/2020).


1. Menyembuhkan luka luar


Daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam askorbat yang dapat menyembuhkan luka luar. Caranya, tumbuk halus daun binahong dan balurkan ke luka. Bungkus luka itu menggunakan perban agar bakteri tidak masuk.


2. Meningkatkan nafsu makan


Daun binahong memberikan efek baik bagi orang yang mengalami masalah nafsu makan. Rebus 5 lembar daun binahong dalam 2 gelas air. Konsumsi air rebusan setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan hasil baik.


3. Mengobati masalah menstruasi


Beberapa wanita biasanya mengalami berbagai masalah, seperti nyeri dan pegal saat menstruasi. Daun binahong bisa menjadi obat penghilang rasa sakit. Caranya, rebus 3 lembar daun binahong dengan air sampai matang. Konsumsi setidaknya sekali sehari.


4. Menangkal radikal bebas


Konsumsi air rebusan daun binahong dapat menangkal radikal bebas dari tubuh karena mengandung antioksidan. Radikal bebas ini merusak sistem imunitas tubuh dan memicu timbulnya penyakit kanker. Tubuh umumnya mendapatkan radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti paparan sinar matahari, polusi udara, dan makanan serta minuman.


5. Meningkatkan tekanan darah


Bagi penderita tekanan darah rendah, daun binahong bisa dijadikan alternatif untuk menormalkan kembali. Tekanan darah rendah akan membuat tubuh lesu, bahkan parahnya sampai pingsan. Ramuan daun binahong ini dapat meningkatkan tekanan darah, dengan merebus 8 lembar dalam 2 gelas air. Pastikan mengonsumsinya sekali sehari.


6. Mengatasi masalah ginjal


Ginjal berperan penting dalam pembuangan racun, kadar garam yang berlebihan, dan urea. Penyakit ginjal akan mengganggu fungsi organ ini dan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. Atasi dengan merebus 10 sampai 15 daun binahong dalam 1 gelas air. Minumlah tiga kali sehari.


7. Meningkatkan energi


Tubuh membutuhkan energi agar setiap organ dapat berfungsi dengan baik. Energi tubuh diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat atau protein, salah satunya daun binahong. Rebus 2 lembar daun binahong dalam 2 gelas air dan konsumsi ketika merasa kelelahan.


8. Mempercepat penyembuhan pascaoperasi


Ramuan daun binahong sangat direkomendasikan bagi pasien yang baru saja menjalani operasi dan memasuki masa penyembuhan. Kandungan mineral dan protein pada daun binahong sangat baik untuk mempercepat penyembuhan pascaoperasi. Rebus 20 lembar daun binahong dalam 3 gelas air dan konsumsi setidaknya sekali sehari.


9. Meningkatkan vitalitas


Daun binahong dapat meningkatkan vitalitas agar kuat dan tahan lama saat berhubungan intim. Hal ini karena kandungan mineral alaminya yang lengkap. Caranya, rebus 2 lembar daun binahong dalam 2 gelas air, konsumsilah setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.[Okezone]

Komentar

Tampilkan

Terkini