-->




3 Wilayah Kecamatan Kemenag Abdya Ikuti Upacara HAB ke-75

05 Januari, 2021, 13.49 WIB Last Updated 2021-01-05T06:54:13Z

LINTAS ATJEH | ABDYA - Hari ini Kementerian Agama Kabupaten Abdya melaksanakan Upacara Hari Amal Bakti ke-75 di 3 wilayah kecamatan.


Kakankemenag Abdya Drs. H. Salihin, MA didampingi Ketua DWP Kemenag Abdya Azizah, S.Pd, Kasie Bimas Islam M. Yatim, MA dan Kasie Penyelenggara Haji dan Umroh Agus Supriady, S.Ag, MPd mengikuti upacara yang dilaksanakan di wilayah 3 di Kecamatan Kuala Bate tersebut. 


Upacara hari ini, Selasa (05/01/2021), dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Abdya serta turut dihadir Camat Kuala Bate, dan diikuti sekitar 100 ASN.


Menteri Agama RI Yaqut Colil Qoumas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Abdya Drs. Syarbaini, M.Si, mengatakan, di usia 75 tahun Kementerian Agama, mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang.


Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema "Indonesia rukun". tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.


Pengembangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama merupakan karya bersama para tokoh agama, para menteri agama dan aparatur kementerian agama dari masa ke masa, tanpa toleransi tidak ada kerukunan, dan keimanan masing-masing pemeluk agama.


"Dalam kesempatan ini saya ingin mengingatkan tentang semangat kementerian agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama," katanya.


Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterima diterjemahkan dengan beberapa kata kunci yakni, pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan serta pusat pelayanan keagamaan.


"Kedua, penguatan moderasi beragama, toleransi dan nilai-nilai kebangsaan. Dan ketiga, persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan," tutupnya dalam kata sambutan yang dibacakan.

Dalam upacara tersebut, Kakankemenag Abdya Drs. H. Salihin, MA, bersama Kepala Dinas Kabupaten Abdya dan Camat Kuala Bate berkesempatan menyerahkan cinderamata kepada 4 pensiunan ASN Kementrian Agama Kabupaten Abdya.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini