-->

Iklan

Ketua TP-PKK Aceh Tamiang: Toga Bisa Topang Ekonomi Keluarga

07 Februari, 2021, 11.05 WIB Last Updated 2021-02-07T04:05:47Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia Mursil, Sabtu (06/02/2021) melakukan monitoring dan gotong royong ke Kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) Assyifa I, di Kampung Paya Rahat, Kec Banda Mulia.

Disela-sela kegiatan monitoringnya tersebut, Dr. Rita mengatakan bahwa budidaya toga bisa menopang kehidupan keluarganya.  

Dr. Rita menyontohkan, bunga Telang (Clitoria ternatea) yang banyak terdapat di pekarangan rumah anggota Kelompok Asman Toga yang berharga mencapai Rp. 3,5 juta per kilogram. 
Selain Pokja III TP PKK dalam program kerjanya mendukung ketahanan pangan keluarga, ini juga yang menjadi kewajiban TP-PKK terus mendorong masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat keluarga.

Menurut Rita, selain kearifan lokal tanaman di dalam setiap daerah, oleh masyarakat ini dapat bernilai ekonomi yang juga bisa dinikmati.

Dalam pelaksanaan monitoring dan gotong royong yang dilakukan, dijelaskan Rita yang juga dosen di Universitas Samudra, monitoring dilakukan guna tertata baiknya taman toga yang ada.
"Kita melaksanakan monitoring dan gotong royong untuk pembenahan serta penataan kembali taman toga, agar hasilnya bermanfaat bagi masyarakat," terangnya lagi.

Dikatakan oleh Dr. Rita, tanaman toga yang ditata diupayakan menjadi lebih asri serta meningkatkan nilai estetika.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh seluruh pengurus PKK terhadap keindahan, penataan dan pemeliharaan taman Toga yang ada," imbuhnya.[*/Red]



Komentar

Tampilkan

Terkini