-->

Iklan

Tingkatkan Pelayanan 'Gawat Darurat' Pada Masyarakat, Pemkab Aceh Tamiang Dirikan Posko PSC 119

01 Februari, 2021, 23.59 WIB Last Updated 2021-02-01T17:00:02Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Kesehatan setempat terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mendirikan Posko Pelayanan Keselamatan Terpadu atau Public Safety Center (PSC) 119.

PSC-119 merupakan pusat pelayanan kesehatan yang menjamin akses semua masyarakat yang berhubungan dengan gawat darurat medis yang berada di Kabupaten Aceh Tamiang.

PSC-119 nantinya akan menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan yang akan merespon cepat dalam waktu 24 jam. Selain itu, PSC-119 berfungsi sebagai penerima laporan masyarakat yang gawat darurat dan cepat membutuhkan pertolongan medis. 
0Usai acara peluncuran (launching) program sunat gratis, Senin (01/02/2021) siang, Bupati H. Mursil, SH, M.Kn, dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Ibnu Aziz, SKM, meresmikan Posko PSC-119 di Gedung Olahraga (GOR), di Desa Kebun Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru.

Dalam sambutannya, Bupati Mursil mengatakan, Public Safety Center (PSC) 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan yang telah dibentuk sejak tahun 2016, bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Mursil juga menginformasikan bahwa Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang telah memiliki nomor aduan dimana masyarakat dapat melaporkan segala permasalahan di nomor tersebut.
"Masyarakat Aceh Tamiang dapat menghubungi ke nomor 0823-6650-1000 pada Layanan PASTI,"  demikian disampaikan Bupati Mursil.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang Ibnu Aziz, SKM, dalam laporanya menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan upaya pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan adanya Posko PSC 119 ini, maka apabila di masyarakat terjadi kegawatdaruratan, seperti kecelakaan maupun masyarakat yang sakit parah yang berada di rumah ingin merujuk ke rumah sakit dan keadaan lainnya, dapat menghubungi call center yang telah disediakan agar pihak kami dapat segera melakukan tindakan dengan cepat dan akurat," terang Ibnu Aziz.
Rangkaian acara terakhir yakni peninjauan ruang Isolasi Mandiri Penderita Covid-19. Setiba di lokasi, tampak Kepala Dinas Kesehatan Ibnu Aziz memberikan penjelasan kepada Bupati Mursil serta rombongan terkait ruangan tersebut.

Ibnu Aziz menjelaskan bahwa tempat itu dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, dengan jumlah tempat tidur sebanyak 55 buah dan tersedia beberapa kamar mandi dan lemari.

Dalam hal ini, Bupati Mursil terlihat merasa puas dengan fasilitas yang telah disediakan. Ia juga melihat semua kamar yang ada di gedung tersebut.

"Gedung ini luar biasa, fasilitasnya lengkap dan bersih, dengan tersedianya tempat ini yang diperuntukkan kepada pasien covid-19, kami sebagai Pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Tamiang siap melayani masyarakat yang melakukan isolasi, dan Dinas Kesehatan juga sudah siap dan amat siap untuk segala kemungkinan yang terjadi," terangnya bersemangat.[*/Red]


Komentar

Tampilkan

Terkini