-->

Iklan

Tinjau Pencanangan Vaksinasi di Tamiang, Sekda Aceh: Tenaga Kesehatan Harus Ikhlas Agar Program Berjalan Lancar

12 Februari, 2021, 13.53 WIB Last Updated 2021-02-12T06:54:00Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh dr. Taqwallah, M.Kes, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (11/02/2021).

Kunjungan kerja (Kunker) SekdaTaqwallah dalam rangka memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para tenaga kesehatan (Nakes) di sejumlah sarana kesehatan di kabupaten bergelar Bumi Muda Sedia tersebut.

Kunker Sekda Aceh ke Kabupaten Aceh Tamiang diawali dengan peninjauan ke Puskesmas Tualang Cut, Kecamatan Manyak Payed. Saat rombongan Sekda Aceh tiba sekitar pukul pukul 15.00 WIB, disambut oleh Plt. Sekda Aceh Tamiang, Drs. Abdullah, Kepala Dinas Kesehatan Ibnu Aziz, SKM, dan Kepala Puskesmas Manyak Payed Hud Efendi, S.Kep, M.A.P.

Dalam kesempatan itu, Sekda Aceh, Taqwallah mengatakan bahwa para tenaga kesehatan yang divaksin harus ikhlas terlebih dahulu dan jangan ada paksaan.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, yang terpenting kalian harus ikhlas dahulu, jangan ada kekhawatiran, Insya Allah program vaksin berjalan dengan lancar," kata Sekda Aceh.

Selanjutnya Taqwallah menerangkan bahwa cara yang mudah adalah para tenaga kesehatan dengan gejala tubuh normal itu dahulu diselesaikan, kemudian baru yang ada riwayat-riwayat seperti tekanan darah tinggi dan lainnya. 

Sambungnya lagi, untuk mempercepat proses vaksinasi, tiap satu orang vaksinator harus melakukan penyuntikan vaksin sebanyak 60 orang per hari, dengan pembagian 20 orang pagi, 20 orang siang dan 20 orang sisanya divaksin sore hari.

"Cara melakukan vaksinasi adalah tiap satu orang vaksinator harus bisa melakukan vaksinasi sebanyak 60 orang per hari. Di Puskesmas Tualang Cut ini ada lima orang vaksinator, jadi seharusnya satu hari bisa melakukan vaksinasi sebanyak 300 orang," terangnya. 

"Adapun target sebagaimana yang disebutkan tadi adalah untuk mempercepat proses vaksinasi dikarenakan para tenaga kesehatan ini bertugas melayani masyarakat," demikian disampaikan Taqwallah saat meninjau Puskesmas Manyak Payed.

Usai meninjau Puskesmas Manyak Payed, Sekda Aceh melanjutkan peninjauannya ke Kantor Samsat Aceh Tamiang. Di sana Sekda Aceh, Taqwallah, meninjau persiapan pelayanan Samsat. Disela kunjungannya tersebut, Taqwallah mengatakan bahwa Kantor Samsat harus bersih dan rapi, jangan ada debu atau jangan ada barang-barang yang berserakan.

"Kita sebagai pelayanan masyarakat harus mampu menunjukkan dan memberikan pelayanan terbaik. Ini contohnya plat kendaraan bagaimana caranya coba agar dapat terdistribusi secara cepat, jangan betumpuk tumpuk seperti ini", terangnya.

Kemudian peninjauan Sekda Taqwallah dilanjutkan ke RSUD Aceh Tamiang.[*/Red]



 

Komentar

Tampilkan

Terkini