-->

Iklan

87 Orang Lembaga Tuha Peut Kecamatan Meukek Dilantik

29 Maret, 2021, 21.04 WIB Last Updated 2021-03-29T14:04:07Z
LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Camat Meukek Ramzil Hadi, S.STP, M.Si,  atas nama Bupati Aceh Selatan melantik 87 orang Lembaga Tuha Peut Kecamatan Meukek dari 17 gampong yang sudah habis masa jabatannya.

Pengambilan sumpah dipusatkan di gedung pertemuan Kecamatan Meukek, Senin (29/03/2021), diambil sumpah oleh Kepala KUA Kecamatan Meukek, Karnasih Abdullah, S.Ag.

Turut hadir Kapolsek, Komandan Koramil Meukek dan tokoh masyarakat Meukek.

Dalam amanatnya, Camat Meukek Ramzil Hadi mengharapkan agar Tuha Peut yang telah terpilih dan dilantik hari ini, ada SKnya terhitung 1 Desember 2020 dan tahun 2021.

"Tuha Peut merupakan mitra kerja kepala gampong, maka dengan terpilihnya saudara-saudara untuk dapat mengontrol kepala desa di masing-masing gampong dalam Kecamatan Meukek," kata Camat Meukek.

Ramzil Hadi menyampaikan bahwa peran Tuha Peut dalam desa sangat berpengaruh dimana Lembaga Tuha Peut salah satunya yakni membuat Qanun Gampong dan mengontrol kebijakan kepala desa.

"Apabila ada yang tidak benar, Lembaga Tuha Peut bisa untuk memberikan masukan kepada kepala desa di masing-masing gampong," kata Camat Meukek. 

Dijelaskannya, Tuha Peut yang baru dilantik agar dapat memahami situasi gampong agar kepala desa tidak semena-mena  dalam mengambil sebuah masalah yang ada di gampongnya masing-masing.

"Tuha Peut merupakan perpanjangan masyarakat gampong untuk memberikan masukan agar gampong tersebut maju dan aman," jelasnya. 
Salah satu tugas yang  dimiliki oleh Lembaga Tuha Peut, kata dia, adalah pengawasan dan meng-ACC program yang dibuat oleh kepala desa agar sesuai dengan keinginan masyarakat.

"Kepala desa dan Anggota Tuha Peut (DPG) Dewan Perwakilan Gampong, Kepala Desa dan Tuha Peut SK-nya sama-sama di teken oleh Bupati Aceh Selatan. Sekali lagi, selaku pimpinan di Meukek, saya sampaikan, Tuha Peut bukan untuk menjatuhkan kepala namun Tuha Peut adalah mitra kerja kepala desa," tandasnya.[Datok Rahmat]
Komentar

Tampilkan

Terkini