-->

Iklan

HUT Kota Banda Aceh ke-816 Tahun, Peusaba Aceh: Kembalikan Istana Darul Makmur Gampong Pande

22 April, 2021, 22.32 WIB Last Updated 2021-04-22T15:35:18Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Hari ini Kota Banda Aceh genap berusia 816 tahun. Hari Jadi Kota Banda Aceh adalah tanggal 1 Ramadhan 601 H, bertepatan Hari Jum’at tanggal 22 April 1205 M. Tanggal ini didasarkan kepada permulaan Pemerintahan Sultan Johan Syah yang mendirikan Kesultanan Aceh Darussalam.

Ibukota pusat kerajaan dibangun di Gampong Pande yang dinamakan Bandar Aceh Darussalam. Sultan Johansyah juga mendirikan Istana di Bandar Aceh Darussalam di Kuta Farusah Pindi Darul Makmur Gampong Pande.

Ketua Peusaba Aceh, Mawardi Usman mengingatkan bahwa hari ini usia Kota Banda Aceh sudah 816 tahun. Sebuah kota tua sarat peradaban, yang dibangun oleh Ghazi Sultan Johan Syah dari Negeri Atas Angin, dalam beberapa sumber berasal dari Dinasti Seljuq.

Mawardi Usman meminta agar semua pihak dapat menyelamatkan situs titik nol Kesultanan Aceh Darussalam yang  sudah menjadi tempat pembuangan sampah dan proyek IPAL.

Dalam rangka memperingati HUT Kota Banda Aceh ke-816 hari ini 22 April 2021,  Ketua Peusaba meminta agar kawasan titik nol Kesultanan Aceh Darussalam dibebaskan dari proyek tinja dan sampah, dan kawasan Situs  dipulihkan kembali.

"Di kawasan ini bisa dibangun kembali replika Istana Darul Makmur Kuta Farusah Pindi Bandar Aceh Darussalam, yang bisa menjadi pusat pendidikan sejarah Aceh dan destinasi pariwisata dunia," kata Ketua Peusaba, Mawardi Usman.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini