-->

Iklan

Plt Sekda Atam Hadiri Bimtek Penyuluh dan Petani di Grand Arya Hotel

03 April, 2021, 15.25 WIB Last Updated 2021-04-03T08:25:29Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Plt. Sekretaris Daerah Drs. Abdullah menghadiri Bimtek bagi Penyuluh Pertanian dan Petani Provinsi Aceh Wilayah Koordinasi Polbangtan Medan, bertempat di Aula Grand Arya Hotel, Jum'at (02/04/2021).


Bimtek tersebut juga dihadiri Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan Ir. Yuliana Kansrini, M.Si, dan Anggota Komisi IV DPR RI Muslim, SHI, MM, dan para Narasumber. 

Membacakan amanat Bupati Aceh Tamiang, Plt Sekda Drs. Abdullah mengatakan bahwa agar kiranya Polbangtan Medan dapat memberikan pengetahuannya kepada para Penyuluh dan Petani Aceh Tamiang di bidang pertanian.

"Saya berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan pelatihan hingga selesai dan menyerap ilmu yang disampaikan. Selain dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan, para peserta juga nantinya dapat menerapkan ilmu yang didapat serta dapat meminimalisir tingkat kesulitan yang dihadapi para penyuluh dan petani dilapangan di bidang pertanian," ucapnya penuh harap.

Di Kesempatan yang sama Anggota Komisi IV DPR-RI Muslim, SHI. MM menyampaikan arahan bahwa Mitra kerja komisi IV DPR RI ialah Kementrian Pertanian, Perikanan, Bulog dan lainnya. Oleh karenanya DPR akan terus mengawal pembangunan di bidang pertanian serta sektor lainnya dan menyerap aspirasi dari masyarakat.

"Mereka yang berhasil di Indonesia, rata-rata bergerak dari sektor pangan dan selanjutnya bagaimana kita harus mengembangkan berbagai usaha agar dapat lebih maju," ungkap Muslim sembari membuka kegiatan bimtek.

Dikesempatan selanjutnya arahan dari Direktur Polbangtan Medan Ir. Yuliana Kansrini, M.Si melaporkan bahwa jumlah peserta pada kegiatan ini yaitu sebanyak 60 orang. Diantaranya terdiri dari 25 orang penyuluh swadaya dan 35 orang petani yang berasal dari Kabupaten Aceh Tamiang.

Terkait situasi pandemi saat ini, ia mengatakan bahwa tidak hanya di Aceh saja namun juga diseluruh dunia juga turut berdampak besar akan virus ini. Masalah inipun berimbas pada kesehatan dan bahkan ekonomi, namun ia mengatakan sektor pertanian harus berjaya di era Pandemi ini. Dengan adanya penyuluh dan petani maka dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi di lapangan.

"Untuk itu, tujuan pembangunan nasional saat ini ialah bagaimana meningkatkan kesejahteraan bagi para petani. Dalam hal ini, Kementerian Pertanian mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pangan artinya memberikan tanah dan menyediakan bahan pangan bagi 273 juta jiwa penduduk Indonesia terkait juga memikirkan bagaimana meningkatkan kesejahteraan bagi para petani. Namun hal ini, tidak semudah yang dibayangkan, hak tersebut akan tercapai apabila para petani mampu melakukan budidaya bagaimana melakukan pengolahan hasil penanganan panen yang termasuk di dalamnya sampai dengan pemasarannya," jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa para petani dapat menghasilkan produk-produk yang memenuhi standar daripada kebutuhan pasar pertanian. Dengan ketentuan para petani memiliki SDM yang handal dan maju yang didapat salah satunya dengan kegiatan yang dilakukan saat ini dapat memberikan wawasan dan meningkatkan pengetahuan bagi Penyuluh dan petani sehingga dapat menerapkan ilmunya di lapangan.

"Saya berharap kepada peserta jangan hanya belajar pada saat kegiatan hari ini tapi juga seterusnya cari informasi lebih lanjutnya untuk membangun sektor pertanian di Aceh Tamiang. Saya disini hanya membukakan pintu selanjutnya untuk lebih detail pintu setelah dibuka silakan cari informasi, melalui media informasi yang tersebar saat ini, untuk mengubah pola pikir yang lama atau cara-cara lama dengan mengelola pertanian menjadi mengelola pertanian yang berorientasi kepada bisnis, hal ini yang membuat para petani maju," ungkapnya memberikan semangat.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi bimtek oleh para pemateri yakni dari Unsam, Polbangtan Medan dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini