-->

Iklan

Serem Amat!!! Mulai 10 Juli Pria dan Wanita di Atas 25 Tahun yang Masih Jomblo Akan Disuntik Mati, Ini Faktanya

15 Juni, 2021, 20.34 WIB Last Updated 2021-06-15T13:50:43Z
Mulai 10 Juli Pria dan Wanita di Atas 25 Tahun yang Masih Jomblo Akan Disuntik Mati/Anthony Tran/Unsplash/

LINTAS ATJEH | JAKARTA - Jagat Instagram dihebohkan dengan sebuah postingan informasi yang mengklaim bahwa pria dan wanita di atas 25 tahun masih jomblo akan disuntik mati.

Postingan tersebut ditemukan pada akun Instagram @/zonk_korea yang diunggah pada 2 Juni 2021 dan sudah mendapat perhatian warganet sebanyak 3.838 komentar serta 18.376 like.

Terdapat juga narasi yang menyatakan sebagai berikut:

Mungkin ini upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona gaes, Tag Teman kamu yang masi jomblo,” tulis akun Instagram tersebut.
tangkapan layar akun Instagram @/zonk_korea
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Dari postingan tersebut, banyak warganet yang merespon dengan berbagai komentar.

Hahaha serem amat,” tulis @ameliayumaryuna.

Untung belum umur 25,” tulis @puput_cho98.

Kalau bener, 3 tahun lagi dong gua,” tulis @neilanur.istiqomah.

Ada juga warganet yang tidak percaya dengan informasi tersebut dan ada yang curiga dengan tulisan tersebut karena tanggal yang tertera bersebrangan dengan tanggal rilis.

Emang itu yg buat tulisan tuhan ya,” tulis @sya.mai.ndah.

Ngadi ngadi, ini masih tanggal 2 knpa tanggal terbitnya tgl 3 bulan 6 :" anjirrr dah kaget tp ternyata,” tulis @hantu.selotip.

Lantas apakah benar informasi yang mengklaim pria dan wanita di atas 25 tahun yang masih jomblo akan disuntik mati?

Berdasarkan penelusuran Kabar Besuki informasi yang diklaim berasal dari media Pikiran Rakyat dengan penulis Farida Al adalah informasi hoaks.

Setelah dilakukan pencarian dengan index pemberitaan pada laman Pikiran Rakyat di tanggal 3 juni 2021, tidak ditemukan artikel dengan judul ataupun gambar seperti yang diinformasikan.

Dilansir Kabar Besuki dari Turnbackhoax, informasi mengenai suntik mati terhadap pria atau wanita berumur diatas 25 tahun yang masih jomblo adalah hoaks lama yang sudah beredar sejak 2017.

Terdapat modifikasi dengan mencatut media Pikiran Rakyat dan disangkut pautkan dengan virus corona.

Berdasarkan penelusuran menggunakan mesin pencari yandex, ditemukan cover foto pada artikel tersebut merupakan penggabungan 2 foto, yaitu foto jarum suntik dan botol oranye bergambar tengkorak ditemukan pada artikel threepercenternation.com yang berjudul "threepercenternation.com" pada 3 Desember 2015.

Sedangkan foto wanita yang sedang disuntik merupakan foto milik salah satu media online yang digunakan pada artikel yang berjudul "100 Relawan Sudah Disuntik Vaksin Corona Sinovac di Bandung" dan tayang pada 15 agustus 2020.

Kesimpulan, klaim bahwa pria dan wanita di atas 25 tahun yang masih jomblo akan disuntik mati adalah informasi yang direkaya dan hoaks.[Kabarbesuki]
Komentar

Tampilkan

Terkini