-->

Iklan

Curah Hujan Tinggi, Banjir Rendam Kabupaten Aceh Selatan dan Aceh Jaya

07 Juli, 2021, 04.50 WIB Last Updated 2021-07-06T22:20:46Z
Kondisi banjir di Kabupaten Aceh Selatan (WAG/Ist)
LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Hujan deras mengguyur kawasan barat dan selatan Provinsi Aceh, sejak dua hari terakhir. Itu sebabnya dua kabupaten di wilayah pesisir Samudera Hindia itu terendam banjir.

Sesuai pantauan Media Indonesia, Selasa (6/7), lokasi yang tergenang banjir itu ialah Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Aceh Jaya. Itu tersebar 11 kecamatan setempat.

Di Kabupaten Aceh Selatan, misalnya, banjir merendam Kecamatan Kota Bahagia, Labuhan Haji, Sawang, Kluet Tengah dan Kecamatan Sawang. Sedangkan di Kabupaten Aceh Jaya, banjir menggenangi Kecamatan Teunom, Panga , Darul Hikmah, Setia Bakti, Krueng Sabe, Sampioniet, dan Kecamatan Jaya.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Ketinggian air berkisar 20 cm (sentimeter) hingga 60 cm. Efek dari fenomena alam ini, terhenti aktivitas warga di lokasi banjir 11 kecamatan tersebut.

Selain merendam perumahan warga, banjir juga menggenangi badan jalan antarkecamatan. Misalnya jalan yang menghubungkan Kecamatan Kluet Utara-Kecamatan Kluet Tengah.

Pengendara mobil dan kendaraan roda dua terpaksa balik arah. Transportasi dari dan kedua arah pada Senin siang terheti total kerena arus deras melintasi badan jalan. Kalak (Kepala Pelaksana) BPBK (Badan Penanggulangan Kabupaten) Aceh Selatan, Cut Syazalisma, mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim untuk menangani kondisi darurat, terutama menyambangi rumah-rumah warga yang tergenang.

Tim akan melakukan penanganan segera bila ada warga yang terkurung di rumah. Penanganan lain yaitu membersihkan drainase atau saluran pembuang supaya banjir cepat surut.

Adapun di Kabupaten Aceh Jaya, ratusan rumah warga yang tersebar di enam kecamatan terendam berkisar 10-50 cm. Lalu Kantor Dinas Kesbangpol Linmas Aceh Jaya di Desa Gampoeng Blang, Kecamatan Krueng Sabe, juga tergenang. Air masuk ke ruangan kantor sekitar 10 cm.[Media Indonesia]
Komentar

Tampilkan

Terkini