-->

Iklan

Mahasiswa USM, Satu-satunya Mahasiswa PTS Lolos ke Nasional

07 Juli, 2021, 05.26 WIB Last Updated 2021-07-06T22:26:55Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Dua mahasiswa USM (Universitas Serambi Mekkah) mengikuti Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) tahun 2021. Kedua mahasiswa tersebut mewakili LLDIKTI Wilayah XIII pada kompetisi yang digelar Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Dua mahasiswa tersebut mengikuti kompetisi dalam dua bidang yaitu biologi dan kimia. Kedua mahasiswa Nurul Afdar dari Prodi Biologi yang lolos bersama dengan mahasiswa USK untuk bidang biologi dan Ulfa Rahmah dari Prodi Kimia yang lolos bersama mahasiswa USK untuk bidang kimia.

Kompetisi ini merupakan perlombaan tahunan yang sebelumnya bernama ON-MIPA (Olimpiade Nasional MIPA). Pesertanya adalah perwakilan PTN dan PTS dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I sampai dengan Wilayah XV.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Hayati M.Ag menyambut gembira atas hasil yang diraih oleh mahasiswa USM. Hal ini merupakan bukti bahwa mahasiswa PTS mampu bersaing secara kompetitif dengan mahasiswa PTN.

“Tergantung pembinaannya. Dengan pembinaan yang baik, terprogram, terpola, terarah dan terukur maka anak-anak kita akan berkembang dengan baik,” dalam kompetisi KN MIPA tersebut kedua mahasiswa di bimbing oleh Azwir, M.Pd dan Said Ali Akbar, M.Pd yang merupakan dosen berprestasi bidang Sains di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XIII Aceh, kata Hayati dalam rilisnya, Selasa (06/07/2021).

Selain itu, mahasiswa USM juga berhasil memenangkan program hibah kompetitif yang diadakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yaitu Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), dimenangkan oleh Himpunan Mahasiswa Sejarah FKIP USM dengan ketua Nana Novita dengan Dosen pendamping Mujiburrahman, S.Pd,. M. Hum.

Prestasi mahasiswa Universitas Serambi Mekkah tak perlu diragukan lagi. Setiap tahun, mahasiswa USM selalu menjadi langganan pemenang  dalam berbagai kompetisi yang diadakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, lanjut Hayati. 

Pendaftaran Tahap III Masih Dibuka

Universitas Serambi Mekkah masih membuka kesempatan bagi siswa-siswi yang belum lolos di Perguruan Tinggi Negeri/Universitas Negeri, sebab, pendaftaran tahap III masih dibuka hingga 30 Agustus mendatang.

Sebagai kampus unggulan di lingkungan  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh, Universitas Serambi Mekkah memiliki enam Fakultas di antaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat  dengan total 24 Program studi.

”Pendaftaran gelombang III dimulai 4 Juli sampai 30 Agustus 2021,” ujar Dr. Muslem Daud, M.Ed,. Ketua Panitia Penmaru USM.
Kampus yang terletak di Jl. Tengku Imum Lueng Bata Banda Aceh ini juga memiliki fasilitas perkuliahan yang komplit. Di antaranya, ruang kuliah, ruang seminar, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium program studi, ruang pertemuan, mushalla, laboratorium micro teaching serta fasilitas studi outdoor yang hijau dan asri, tutup Muslem.[CJ Deni/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini