-->

Iklan

Penyuluh Pertanian Aceh Utara Bersama AINI Aceh Berikan Pelatihan Pengolahan Pakan Ternak

07 Juli, 2021, 06.50 WIB Last Updated 2021-07-06T23:50:36Z
LINTAS ATJEH | ACEH UTARA - Asosiani Ilmu Nutrisi Indonesia (AINI) Cabang Aceh yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc., menyambut positif kegiatan pembuatan pakan ternak yang dilakukan oleh salah seorang Penyuluh Pertanian Lapangan Kabupaten Aceh Utara yang juga merupakan anggota AINI Aceh yaitu Rahmat Kartolo, S.Pt, M.Pt. 

Acara dibuka langsung oleh Ketua APETINDO diikuti oleh 25 orang peserta. Kegiatan ini dilakukan Ahad (04/07/2021) lalu bertujuan  “Memberikan Penyuluhan Tentang Cara Pembuatan Pakan Ternak Yang Diselenggarakan Oleh Asosiasi Peternak Indonesia (APETINDO) di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Saboh Hate Desa Lancang Barat, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Para peternak yang mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat menimba ilmu sekaligus meningkatkan keterampilan untuk mengolah pakan sehingga dapat membantu ketahanan pakan di saat sumber pakan sulit diperoleh. Ketika ketahanan pakan tercapai maka ketahanan pangan demi tersedianya sumber protein akan dicapai. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Anggaran kegiatan ini bersumber dari Swadaya Kelompok Tani Ternak di Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan Ini menghadirkan tiga orang pemateri yakni Ketua APETINDO Aceh Utara  drh. Muzakir, Penyuluh Pertanian Lapangan Dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara/Anggota AINI Aceh Rahmat Kartolo, S.Pt, M.Pt, dan Ir. Suryani, M.Pt, Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia/ UNIKI).
Dalam pelatihan ini peternak diajarkan cara pembuatan pakan konsentrat untuk ternak ruminansia, pembuatan mineral block, pembuatan amoniasi jerami padi dan cara fermentasi rumput. Pelatihan ini dikemas dengan cara pemberian ceramah, diskusi dan praktek langsung pembuatan pakan. 

Kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak semacam ini sangat perlu dilakukan mengingat semakin  hari semakin susah dalam mencari sumber hijauan pakan, lebih lebih di saat musim paceklik. Dengan adanya pelatihan seperti ini diharapkan para peternak dapat melakukan pengolahan dan menyimpan pakan di saat produksi pakan tinggi sehingga para peternak tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pakan untuk ternaknya. 

Kegiatan pelatihan semacam ini sudah sangat sering dilaksanakan oleh APETINDO yang bekerjasama dengan P4S Saboh Hate dengan sumber anggaran ada yang bersumber dari dana desa dan swadaya kelompok tani.

Para peternak sangat senang dan antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut karna dapat menambah ilmu. Selama ini pemahaman peternak mengolah pakan itu sangat sulit, akan tetapi setelah mereka mengikuti pelatihan dan dipandu langsung oleh penyuluh dalam praktek pembuatan pakan. Manfaat kegiatan antara lain mereka sudah mampu membuat dan mengolah pakan ternak sendiri tanpa harus ketergantungan dengan pakan olahan dari Provinsi Sumatera Utara atau kota Medan karena selama ini peternak sangat ketergantungan dengan pakan konsentrat dari Medan.

Dalam sambutannya drh. Muzakir selaku Ketua ASPETINDO Aceh Utara mengharapkan kepada para peternak setelah mengikuti pelatihan pakan ini peternak dapat mandiri dalam penyediaan pakan untuk kebutuhan pakan ternaknya. 

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara, Ir. Erwandi, M.Si, menyambut baik dan sangat mendukung pelatihan yang dilaksanakan oleh APETINDO yang bekerjasama dengan P4S Saboh Hate karena sangat berguna dalam peningkatan SDM Petani Peternak. 

"Semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di tempat-tempat lain di Aceh Utara," harapnya dikutip dalam rilis, Rabu (07/07/2021).[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini