-->


Rumah Bantuan Program P3MD Gampong Kuala Parek Diduga Salah Sasaran

23 September, 2021, 18.38 WIB Last Updated 2021-09-23T11:38:58Z
LINTAS ATJEH | ACEH TIMUR - Sejak selesai direnovasi pada tahun 2018 dengan Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan menghabiskan anggaran Rp. 19.576.000, satu unit rumah di Gampong Kuala Parek, kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur terlihat ditelantarkan oleh penerima bantuan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Ketua  DPW Gadjah Puteh, Faisal US kepada LintasAtjeh.com, Kamis (23/09/2021), di Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur.

Dikatakannya, berdasarkan pantauan LSM Gadjah Puteh di lokasi bahwa rumah tersebut tanpa penghuni. Bukannya dimanfaatkan dengan baik sebagai rumah manusia, malah rumah tersebut saat ini hanya menjadi kandang kambing.

"Tampak ruangan dalam rumah tersebut dipenuhi kotoran kambing yang setiap malam berteduh dalam rumah itu," terang Faisal.

Dari informasi yang kami himpun, sambung Faisal, beberapa masyarakat yang tidak memiliki tempat tinggal di gampong tersebut meminta ijin kepada Geuchik Kuala Parek untuk dapat menempati rumah yang tidak ada penghuninya itu, namun tidak diperbolehkan oleh geuchik.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

"Semestinya jika rumah tersebut tidak mau dimanfaatkan oleh penerima manfaat, alangkah baiknya diserahkan atau diberikan kepada yang lebih membutuhkan. Terlebih lagi taraf hidup dan kondisi sosial ekonomi masyarakat di gampong setempat sangat memprihatinkan," jabarnya.

"Jelas hal ini sangat mubazir dan merugikan masyarakat yang lebih membutuhkan, ini program sia-sia serta menghamburkan dana desa. Kami juga khawatir melihat kondisi bangunan rumah yang semakin rusak dan tak terawat karena disia-siakan begitu saja," imbuhnya.

Sementara itu, Gechik Gampong Kuala Parek, Syahrial Abdullah saat dikonfirmasi LintasAtjeh.com melalui telepon seluler menyampaikan bahwa memang benar rumah itu kosong dan tidak ditempati selama 2 (dua) tahun lamanya. Namun ia mengaku telah mempertanyakan kepada penerima bantuan rumah itu kenapa tidak ditempati .

"Masalah ini sudah berlangsung tahunan dan ada masyarakat miskin yang butuh dan pernah meminta agar boleh menempatinya, tapi saya sedang menunggu jawaban dari si pemilik," ujarnya.

"Saya sudah sampaikan juga kepada Tuha Peut dan akan diproses segera," tandas Syahrial.[Sm]
Komentar

Tampilkan

Terkini