-->



Kembangkan Sayap, FKIP USM Jalin Kerjasama dengan IAIN Batusangkar Sumbar

27 Oktober, 2021, 07.13 WIB Last Updated 2021-10-27T00:17:16Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Fakultas Keguruan Ilmu Pendididkan (FKIP) Universitas Serambi Mekkah (USM) menjalin kerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Sumatera Barat dalam rangka mengoptimalkan implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi meliputi pendidikan, pengajaran, pelatihan, penelitian, publikasi ilmiah, pengabdian kepada masyarakat dan program merdeka belajar kampus merdeka.

“Kerjasama ini sebagai bentuk tindak lanjut dari pemenuhan kebutuhan atas tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi penelitian, pengabdian terhadap masyarakat, pendidikan dan pengajaran,” ucap Dekan FKIP USM Dr (C) Jalaluddin, S.Pd, M.Pd, di Banda Aceh, Selasa (26/10/2021).

Kerjasama kedua lembaga itu ditandai dengan penandatangan nota kesepaham (memorandum of understanding) dan memorandum of agreement, memuat beberapa poin-poin penting.

Jalal menjelaskan, FKIP USM dengan IAIN Batusangkar memiliki beberapa kesamaan dalam hal program studi untuk pengembangan pendidikan dan pengajaran. Misalnya, FKIP USM memiliki program studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Lewat kesamaan program studi itu, masing-masing dosen dari dua lembaga tersebut bisa saling berbagi bidang keahlian atau ilmu pengetahuan dan pengalaman.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Hal itu, untuk mendinamisasi pengetahuan mahasiswa dan mengkolaborasikan antara pengetahuan agama dengan pengetahuan umum dalam implementasi pendidikan dan pengajaran.

Selain itu, lewat kerjasama itu juga akan dilakukan penelitian yang mengkolaborasikan antara dosen FKIP USM dengan dosen IAIN Batusangkar.

“Penelitian dosen, kerja-kerja kolaborasi ini sangat penting untuk dilakukan, sehingga sesama dosen dapat melakukan pertukaran informasi dan pengalaman dalam penelitian,” ujarnya.

"Di sisi lain, lewat kerjasama itu, dosen pada FKIP USM dapat dilibatkan oleh IAIN Batusangkar menjadi narasumber dalam kegiatan-kegiatan workshop dan sebagainya yang menyangkut dengan kependidikan dan pengajaran," ujar Dekan FKIP USM tersebut.

Turut hadir pada kerjasama tersebut Dr. Marjoni Imamora, M.Sc, Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Adripen, M.Pd, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar beserta Ka. Prodi di lingkungan FTIK IAIN Batusangkar.

Sementara itu dari FKIP Universitas Serambi Mekkah dihadiri oleh Dr.(C) Jalaluddin, S.Pd, M.Pd, Dekan FKIP USM, Dra Sri Ismulyati, M.Pd Wakil Dekan I FKIP USM, Dr. Dian Aswita, M.Pd, Ketua Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP USM, Drs. Ridwan, M.Pd, Ketua Bidang Audit Mutu Internal USM, Dr. Hambali Ka. Prodi PGSD, Zaiyana Putri, M.Pd, Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Azwir, M.Pd, Ka. Prodi Pendidikan Biologi dan M. Azzarkasy, M.Pd, Ka. Prodi Pendidikan Fisika FKIP USM.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini