-->








SBI Laporkan Kinerja Keuangan Kuartal III/2021 di Tengah Krisis Energi Global

29 Oktober, 2021, 00.00 WIB Last Updated 2021-10-30T02:08:27Z
Dukung pemerintah dalam pembangunan maupun perbaikan infrastruktur di masa transisi pandemi Covid-19, SBI berpartisipasi dalam perbaikan ruas jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR S) dengan produk beton bernilai tambah, SupeCrete.
LINTAS ATJEH | JAKARTA - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (“SBI”) hari ini, Jum'at (29/10/2021), melaporkan kinerja keuangannya untuk periode kuartal ketiga tahun 2021, dengan ringkasan perbandingan sebagai berikut:

Dalam miliar Rupiah kecuali volume penjualan
Di tengah situasi dan kondisi pembatasan-pembatasan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19, kegiatan konstruksi nasional berlangsung lebih aktif pada semester kedua 2021. Hingga akhir September 2021, konsumsi semen domestik tercatat meningkat sebesar 5,51% dan ekspor sebesar 35,49% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Melalui sinergi dengan SIG, SBI mencatat peningkatan total volume penjualan semen dan terak sebesar 12,95% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meski demikian, secara umum peta industri semen nasional masih tergolong berat. Belum lepas dari pandemi Covid-19 dan market overcapacity, industri semen kini juga terdampak kenaikan harga batu bara yang melonjak tinggi akibat krisis energi global.

Menurut Asosiasi Semen Indonesia (ASI), batu bara sebagai sumber energi utama dalam produksi semen berkontribusi rata-rata sekitar 30% pada biaya produksi.

Menyikapi hal tersebut, SBI memperkuat sinergi dengan SIG dan mengupayakan efisiensi dalam penggunaan batu bara. Berbagai upaya efisiensi yang dilakukan oleh perusahaan, membantu SBI menjaga EBITDA tetap positif dan mencatat laba bersih sebesar Rp459 miliar.
Terus berinovasi untuk menjalankan operasional yang efisien, menjadi kunci utama bagi SBI untuk tetap melayani kebutuhan pelanggan di tengah masa pandemi Covid-19.
“Tak hanya semen, tapi industri pengguna batu bara lainnya seperti tekstil dan kertas pun kini sangat mengkhawatirkan pasokan dan kenaikan harga batu bara. Melalui sinergi dengan SIG, kami berusaha tetap memenuhi kebutuhan pelanggan untuk perumahan dan proyek-proyek konstruksi baik swasta maupun pemerintah,” ujar Aulia Mulki Oemar, Direktur Utama SBI.
Komentar

Tampilkan

Terkini