-->



Masyarakat Panjang Baru dan Kedai Palak Kerambil Abdya, Semarakkan Lebaran IED dengan Pawai Obor

02 Mei, 2022, 15.30 WIB Last Updated 2022-05-02T08:31:35Z

LINTAS ATJEH | ABDYA - Ratusan masyarakat Gampong Panjang Baru dan Kedai Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar pawai obor keliling gampong dalam rangka memperingati hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Minggu malam (01/05/2022).

Masyarakat dua gampong tersebut begitu antusias meraih hari kemenangan setelah sebulan penuh menahan lapar, dahaga dan nafsu di bulan suci ramadhan.


Para peserta yang hendak berkeliling melakukan pawai obor pun diatur berjarak. Hal ini dilakukan untuk menghindari api menyambar peserta pawai obor lainnya.


Sementara rute yang dilalui hanya dalam dua gampong tersebut, dimana peserta pawai yang tergabung dari anak - anak hingga orang dewasa memegang obor yang dinyalakan api.


Ketua Remaja Masjid Palak Kerambil Rahmatullah Mufassir mengatakan, pawai obor ini dilaksanakan sebagai budaya dalam melahirkan generasi yang bisa memperkuat tali silaturahmi serta kerukunan sesama umat Islam serta bisa saling memaafkan di bulan yang fitri ini.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM


"Alhamdulillah, acara pawai obor yang kita laksanakan berjalan lancar tanpa ada hambatan, dan masyarakat begitu antusias menyemarakkan pawai obor memperingati hari raya idul fitri," ungkap Mufassir.


Dikatakannya, suksesnya pawai obor ini berkat kerjasama antara remaja masjid bersama dengan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Amaliah Palak Kerambil dan didukung oleh masyarakat dua gampong, sehingga ke depan setiap lebaran pihaknya berinisiatif akan kembali melanjutkan tradisi tersebut.


Kemudian, lanjut Mufassir, titik kumpul para peserta pawai di mulai dari masjid Amaliah Kedai Palak Kerambil, dimana setelah semua berkumpul, peserta pawai mengelilingi dari satu gampong ke gampong yang lain dan dari satu lorong ke lorong yang lain dalam dua gampong tersebut.


"Seperti yang saya sampaikan tadi,  kedepannya kegiatan pawai obor ini akan terus lakukan untuk menjadi sebuah budaya dalam melahirkan generasi yang bisa memperkuat tali silaturahmi serta kerukunan sesama umat Islam. Serta bisa saling memaafkan di bulan yang fitri ini," jelasnya.


Sementara itu, Keuchik gampong Panjang Baru Ikhsan Wahyuni mengapresiasi atas terselenggaranya pawai obor keliling dalam dua gampong. Dirinya juga berharap kedepannya kegiatan islami ini dapat dipertahankan sehingga tradisi ini akan terus berkembang di masyarakat.


"Kegiatan seperti ini tentunya perlu kita berikan apresiasi dan dukungan, sehingga semangat anak-anak kita semakin berkembang untuk mensyiarkan nilai - nilai islami, dan kami sangat berterimakasih kepada pengurus BKM dan remaja masjid amaliah palak kerambil serta pemuda dan masyarakat dua gampong yang sudah bekerjasama menyukseskan acara pawai obor memperingati hari raya idul fitri," pungkasnya.[WA]

Komentar

Tampilkan

Terkini