-->








Bangun Rumah Dinas Guru di Sarah Baru, Kadisdikbud Aceh Selatan Arungi Sungai Kluet 3 Jam

25 September, 2022, 22.24 WIB Last Updated 2022-09-25T15:24:47Z

LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan membangun rumah dinas guru di daerah terpencil yakni Desa Sarah Baru, Kecamatan Kluet Tengah.

Kunjungan itu menempuh waktu 3 jam perjalanan dengan mengarungi derasnya aliran sungai Kluet  menggunakan alat transportasi speed bot, Jum'at (23/9/2022).


Kadisdikbud Aceh Selatan, Akmal AH SPd kepada media ini, Minggu (25/09/2022) mengatakan, untuk memenuhi permintaan ketua  komite SD Negeri Alur Keujrun, dirinya bersama rombongan langsung menuju Desa Sarah Baru pada hari Jum'at dan kembali siang Sabtu.


"Permintaan ketua komite itu harus segera disahuti mengingat kebutuhan rumah dinas guru sangat mendesak," kata Akmal.


Dikatakannya, untuk memastikan kebutuhan apa saja yang sangat mendesak di sekolah terpencil itu, perlu dipastikan dengan meninjau langsung ke lokasi.

"Saya pertama sekali menginjakkan kaki ke Desa Sarah Baru sehingga dapat melihat kondisi sekolah, ternyata benar kebutuhan paling mendesak adalah rumah dinas guru dan MCK," ucapnya.


Selain itu kata Akmal, ada beberapa fasilitas sekolah yang sudah rusak dan harus direhab seperti plapon dan lain-lain.


TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH. COM


Akmal terkesima melihat lingkungan sekolah yang bersih, rapi, estetika dan hijau. Sekalipun sekolah ini berada di pelosok, namun katanya tidak jauh beda dengan sekolah yang berada di ibu kota kecamatan bahkan sekolah yang ada di ibu kota kabupaten.


"Sambutan hangat yang diberikan masyarakat disini dengan suasana keakraban dan kekuargaan membuat ingin kembali agi di suatu hari nanti," kesan Akmal.


Kadisdikbud menjelaskan kepada masyarakat, kami ini bukan tamu melainkan tuan rumah..Sebab, sekolah ini milik pemerintah kabupaten melalui Disdikbud Aceh Selatan kemudian dikelola oleh kepala sekolah bersama dewan guru.


"Untuk itu, karena sekolah ini milik masyarakat tempat mencerdaskan putra putri disini, maka mari kita menjaga dan merawat sekolah agar tetap asri," pinta Akmal.


Sementara ketua komite SD Negeri Alur Keujrun, Akbara menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada Kadisdikbud Aceh Selatan langsung berkunjung ke sekolah ini yang telah lama kami nantikan.


"SD ini hanya memiliki 2 unit rumah dinas guru, sedangkan di SMP Negeri Satu Atap belum ada rumah dinas. Justru itu harapannya agar segera dibangun segera rumah dinas yang bisa ditempatkan oleh guru-guru yang mengajar di sekolah disini," pinta Akbara.


Dalam kunjungan itu, Kadisdikbud Aceh Selatan turut didampingi kabid pembinaan SD, Yusri SPd, kabid pembinaan GTK, Saleh Amin SPd, kabid Kebudayaan, Hendry Yatdi SPd, kabid pembinaan PAUD diwakili Mulyadi ST, kabid  Program diwakili Yulizar Arby SE.


Turut hadir musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SD Kecamatan Kluet Tengah dan Kluet Utara.[Datok Rahmat /Baihaki]

Komentar

Tampilkan

Terkini