-->


Carut Marut Pelabuhan Jambur TK Menggamat Menuju Sarah Baru

04 Desember, 2023, 09.44 WIB Last Updated 2023-12-04T02:44:08Z
LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN  - Pelabuhan Jambur TK di aliran Sungai Kluet menuju Desa Alur Keujrun yang lebih dikenal Desa Sarah Baru tempat persinggahan masyarakat kondisinya saat ini carut marut membuat tidak nyaman.

Tempat persinggahan yang dijadikan pelabuhan itu terletak di Desa Lawe Melang, Menggamat, Kecamatan Kluet Tengah.

Menurut salah seorang Tokoh Masyarakat Sarah Baru, Asmadi kepada media LintasAtjeh.com, Senin (04/12/2023), mengatakan Jambur TK ini merupakan tempat persinggahan masyarakat yang akan menuju dan pulang dari Desa Sarah Baru.

"Untuk menuju ke Desa Sarah Baru harus mengarungi aliran Sungai Kluet yang sangat kencang, lebih kurang menempuh waktu selama dua jam dengan menggunakan perahu mesin atau robin," kata Asmadi.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Dikatakannya, Desa Sarah Baru merupakan desa paling terpencil di Kecamatan Kluet Tengah, namun hasil pertanian dan perkebunan menjadi sumber ekonomi masyarakat disana.

Hasil pertanian dan perkebunan masyarakat tersebut dibawa ke ibu kota Kecamatan Kluet Tengah untuk dijual.

"Namun yang disayangkan, tempat peristirahatan di Jambur TK dijadikan masyarakat hendak kembali ke Sarah Baru kondisinya tidak layak lagi," ujar Asmadi.

Bahkan, saat air pasang apalagi terjadi banjir pelabuhan ini sulit untuk digunakan dengan membawa berbagai barang dan kebutuhan masyarakat di Sarah Baru.

"Kami meminta perhatian dari Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk dibangun fasilitas berupa pelabuhan mini agar memudahkan masyarakat menurunkan hasil pertanian dan perkebunannya," ucapnya.

Bahkan katanya, agar memudahkan masyatakat mengangkut barang perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah terpencil itu.

Dia mengharapkan, agar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRK) Aceh Selatan yang berasal dari daerah pemilihan Kluet khususnya lagi Kluet Tengah memperjuangkan supaya dibangun pelabuhan di Jambur TK.

"Jangan sampai nanti masyarakat Desa Sarah Baru berbondong-bondong ke Tapaktuan ke Kantor Bupati dan DPRK Aceh Selatan untuk menuntut dibangunkannya pelabuhan yang layak," tandas Asmadi.[DTK]
Komentar

Tampilkan

Terkini