Aparat Teritorial Kodim Aceh Selatan Tingkatkan Kemampuan Menembak

ACEH SELATAN - Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan II tahun 2017 dalam rangka meningkatkan kemampuan menembak prajurit, bertempat di lapangan tembak Yonif 115/Macan Lauser, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (13/06/2017).

Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut diikuti oleh seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama Kodim 0107/Asel  beserta Koramil jajarannya, sesuai dengan kalender latihan Kodim 0107/Asel. Menembak senapan M16 yang dimulai dengan menembak dasar senapan jarak 25M, menembak dengan sikap tiarap senjata tersandar jarak 100 meter dan sikap tiarap senjata tidak tersandar serta menembak pistol sikap berdiri dua tangan dengan jarak 15M.

Berbicara soal kesiapan,  dalam penyelenggaraan latihan menembak dimulai dari tahap perencanaan dan persiapan sampai dengan tahap pelaksanaan dan pengakhiran kegiatan sehingga tercapai keseragaman dan kesatuan langkah  serta tindakan dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

Menurut Pasi Ops Kodim 0107/Asel Kapten Inf Ervan Thristianto yang bertindak sebagai Sipamops latihan, bahwa dengan latihan yang terprogram dan terencana setiap Triwulannya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personel Kodim 0107/Asel, oleh sebab itu seluruh prajurit wajib mengikuti latihan menembak senjata ringan yang dilaksanakan setiap Triwulan atau empat kali dalam setahun.

”Diharapkan dengan latihan ini yang diselenggarakan rutin tiga bulan sekali, dapat meningkatkan kemampuan bagi personel Kodim 0107/Asel, maka dari itu semua wajib ikut dan pelaksanaannya benar-benar serius,” ujar Pasi Ops Dim 0107/Asel.

Sebelum Latihan dimulai, seluruh prajurit diambil alih oleh Komandan latihan (Danlat) Kapten Inf Kamsita Sari untuk memberikan gambaran dan mekanisme pada tahapan pelaksanaan latihan serta prosedur pengamanan sehingga terhindari dari kemungkinan terjadi kerugian yang disebabkan oleh kelalaian.

”Kepada seluruh peserta latihan, perhatikan faktor keamanan, konsentrasi pada latihan, tingkatkan perolehan hasil dan ikuti petunjuk pimpinan latihan, sehingga diharapkan mendapat hasil maksimal dan optimal,” pungkas Danlat.

Sementara Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto menyampaikan bahwa menembak merupakan kebutuhan dasar militer yang harus dikuasai dan dikonsumsi oleh setiap prajurit. Dan merupakan program kerja bidang operasi yang dilaksanakan rutin setiap Triwulan.

”Tingkatkan kemampuan hingga mahir, laksanakan dengan semangat walaupun latihan dibulan puasa dan selaku aparat teritorial harus bisa menunjukkan bahwa kemampuan menembak tidak perlu diragukan,” tutup Dandim.[Pen Dim]

Baca Juga