LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Petani Samadua: Hasil Panen Padi Meningkat Selama Didampingi Babinsa 

ACEH SELATAN - Kinerja Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0107/Aceh Selatan dalam melakukan pendampingan di bidang pertanian secara keseluruhan mulai membuahkan hasil dan dinilai sudah maksimal. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat kepuasan petani saat menuai hasil panen padinya yang lebih meningkat dibandingkan sebelumnya. Khususnya di Kecamatan Samadua dan umumnya Aceh Selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Poktan 'Sabe Pakat', Junaidi (45) bahwa hasil panen padi tahun ini meningkat dari sebelumnya karena rutinnya pengawasan dan pendampingan selama proses perkembangan tanaman padi yang dilakukan oleh Babinsa bersama petani.

"Kami puas karena hasil panen meningkat. Ini juga berkat pendampingan Babinsa mulai dari tahap pertama pengolahan tanah, penyemaian bibit, penanaman, proses pemeliharaan hingga panen," kata Junaidi.

"Kami terus mengawasi perkembanganya sehingga bisa meminimalisir serangan dari burung dan hama lainnya," terang Junaidi kepada wartawan usai melaksanakan panen padi bersama Babinsa.

Untuk informasi, hasil panen yang didapat Poktan Sabe Pakat dalam satu hektar mencapai rata-rata 4,5 ton per hektar dengan luas lahan 40 hektar. Sebelumnya petani hanya mendapatkan hasil sekitar 3 ton per hektar.

Sementara, Babinsa Koramil 05/Samadua Kopda Suratno yang mendampingi Kelompok Tani 'Sabe Pakat melakukan panen padi pada lahan seluas 40 hektar di Desa Air Sialang Tengah, Kecamatan Samadua, Jum'at (02/03/2018), ikut berbangga hati dan sangat puas atas hasil yang didapat oleh petani.

"Sampai hari ini, sudah 10 hektar yang sudah kita panen. Sisa 30 hektar lagi dari total luas lahan 40 hektar. Kita akan dampingi terus hingga selesai," tuturnya.

Ia mengatakan kedepan akan terus mendorong petani untuk lebih termotivasi demi terwujudnya kesejahteraan ekonomi masyarakat petani.

Selain itu, sambungnya, hal ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan.

"Tujuan kami semata-mata untuk kesejahteraan petani dan membantu pemerintah daerah maupun pusat dalam mewujudkan swasembada pangan," demikian pungkas Babinsa Koramil 05/Samadua, Kopda Suratno.[Delfi]

Baca Juga