Marhaban Ya Ramadhan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1439 H Mohon Maaf Lahir & Batin Minal Aidzin Wal Faidzin.

IKSAS Periode 2018-2023 Dilantik, Prof. Darmawi: Harus Bersatu Untuk Memajukan Samadua!

BANDA ACEH - Ikatan Kekeluargaan Samadua Aceh Selatan (IKSAS) gelar acara silaturahmi sekaligus pelantikan ketua IKSAS terpilih periode 2018-2023. Acara pelantikan tersebut diadakan di Asrama Putra Samadua, Gampong Rukoh, Banda Aceh, Minggu (22/04/2018).

Ketua terpilih Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si, dalam sambutannya menghimbau agar pengurus baru yang dilantik bersatu, dikarenakan masih banyaknya  tugas yang akan kita lakukan di masa depan. Salah satunya adalah melanjutkan pembangunan asrama IKSAS yang perlu beberapa pembenahan. 

"Dalam memajukan Kecamatan Samadua, kita harus bersatu. Jika selama ini tanaman pala yang hanya menjadi andalan kita, saya rasa itu sekarang agak sulit. Intinya kita harus beralih dari tanaman pala, ke tanaman komoditi lainnya," jelasnya. 

Tokoh masyarakat Samadua di Banda Aceh yang juga Senator asal Aceh Rafli Kande juga menyampaikan harapan agar masyarakat Samadua bersatu dan kompak. Karena, katanya, tidak ada hal yang tidak bisa kita wujudkan jika kita bersama.

"Dengan melakukan pengorbanan, Allah janjikan kejayaan," tutur Rafly Kande.  

Rafli juga mempersilahkan warga Samadua untuk bisa bersilaturrahmi ke rumahnya. 

"Di rumah lantai 2 kita siapkan ruang publik yang disebut Jambo Kande. Bagi dosanak (saudara) seluruh masyarakat Samadua yang berkunjung ke Banda Aceh untuk mampir ke Jambo Kande.  Tempat itu sudah kita buka selama hampir 4 tahun sebagai ruang yang bisa dimanfaatkan publik untuk silaturahmi,  diskusi dan hal-hal yang bersifat positif," jelasnya. 

Sedangkan penasehat IKSAS, Haizir Sulaiman, SH, MH, mengatakan sekarang ini yang harus kita pikirkan adalah bagaimana meningkatkan sumber daya alam (SDA) di Kecamatan Samadua. Menurutnya, sumber daya manusia (SDM) Samadua sudah sangat mencukupi dan memiliki kemampuan yang mumpuni.

Sambungnya, potensi sumber daya manusia yang kita miliki harus kita manfaatkan untuk membangun Kecamatan Samadua. 

"Titik perjuangan masa depan harus kita pegang. Samadua 20 tahun kedepan, sangat tergantung kepada generasi muda sekarang," tegasnya.

Acara tersebut dihadiri puluhan tokoh Samadua, Aceh Selatan, camat, mukim dan keuchik-keuchik di Kecamatan Samadua serta seribu masyarakat dan mahasiswa Samadua juga turut hadir.

Setelah acara pelantikan semua tokoh dan pengurus IKSAS bersama keuchik-keuchik, mukim dan Camat Samadua berkunjung ke Jambo Kande mendiskusikan langkah strategis untuk masa depan IKSAS dan Samadua kedepannya.[*] 

Baca Juga