LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Diserbu Lalat, Warga 3 Desa di Atam Resah

ACEH TAMIANG - Masyarakat tiga desa yaitu, Buket Paya, Buket Tinggi dan Paya Ketenggar, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang beberapa bulan belakangan ini diresahkan dengan serbuan lalat yang berasal dari sebuah peternakan ayam milik salah seorang calon legislatif (Caleg).

Salah seorang warga Kampung Buket Paya, Anwar yang didampingi Kepala Lorong Mawar, Sugiman saat ditemui LintasAtjeh.com, Senin (03/09/2018) mengatakan, ribuan lalat menyerbu pemukiman penduduk itu sangatlah membuat resah warga. 

"Jutaan lalat yang menyerbu pemukiman penduduk di tiga desa itu diduga akibat keberadaan kandang peternakan ayam di Kampung Buket Paya," ujar Anwar. 

"Apalagi pada saat menjelang panen ayam, rumah-rumah warga dan warung kopi acap kali diserbu lalat. Dengan kondisi seperti ini, masyarakat sangat resah," imbuhnya. 

Ia juga mengatakan, sebelum kandang ayam tersebut dibangun di daerah itu, masyarakat tidak pernah diserbu lalat. Namun kini warga sangat merasa kuatir akan efek dari serbuan lalat di wilayah ini.

"Kondisi itu membuat kami resah, karena kami juga khawatir kedatangan lalat akan menimbulkan penyakit kepada warga," ungkapnya.

Anwar menjelaskan, hal ini disampaikan masyarakat kepada awak media bukan bermaksud untuk menggangu usaha orang. Namun dikarenakan rasa kekuatiran yang timbul dari serangan ribuan lalat di daerah itu. 

"Kami hanya berharap agar tidak  ada hama lalat lagi, bagaimana caranya pengusaha peternakan ayam itu bisa mengatasi hama lalat seperti ini. Jika kondisi ini dibiarkan terus, maka jangan salahkan warga bila melakukan aksi untuk menutup tempat usaha itu," pungkasnya.

Hingga berita ini ditayangkan, LintasAtjeh.com belum mendapat keterangan dari pemilik peternakan ayam potong yang disebut-sebut sebagai calon anggota legislatif itu.[Sm/Zf]

Baca Juga