-->








Pesawat Malaysia Jatuh Ditembak Teroris

18 Juli, 2014, 01.57 WIB Last Updated 2014-07-19T15:55:14Z
Lintasatjeh.com - Pesawat milik maskapai asal Malaysia diduga jatuh karena ditembak oleh rudal pemberontak pro-Rusia di Ukraina pada Kamis waktu setempat. Jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 itu juga dipastikan menewaskan seluruh 295 penumpang dan awak, demikian ungkap pejabat Kementerian Dalam Negeri Ukraina.

Seperti dikutip kantor berita Reuters, pemerintah Ukraina menyatakan bahwa jatuhnya pesawat Boeing 777 itu akibat tembakan "teroris" dengan rudal darat ke udara. Perdana Menteri Ukraina juga mengatakan bahwa jatuhnya pesawat yang membawa 280 penumpang dan 15 awak itu, yang terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur, merupakan sebuah bencana.

Para saksi mengatakan bahwa potongan pesawat dan mayat berjatuhan di desa Grabovo, yang terletak 40 km dari perbatasan Rusia-Ukraina. Dalam beberapa bulan terakhir tengah terjadi konflik antara Ukraina dengan milisi bersenjata pro-Rusia.

Pesawat itu jatuh di dekat kota Donetsk, yang merupakan basis milisi pemberontak pro-Rusia, ungkap pejabat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, Anton Geraschenko, dalam akunnya di Facebook. Dia mengatakan pesawat itu "ditembak dengan rudal anti pesawat Buk oleh para teroris."

Namun, kelompok milisi bersenjata setempat membantah bertanggungjawab atas jatuhnya pesawat.

Sementara itu, pihak maskapai dan pemerintah Malaysia masih ingin memastikan lebih lanjut penyebab jatuhnya pesawat. Malaysia Airlines mengaku hilang kontak dengan pesawat bernomor penerbangan MH-17. Menurut pejabat Ukraina, seperti dikutip kantor berita Interfax, pesawat hilang dari pantauan radar pada ketinggian 10.000 meter (33.000 kaki). [la/02]

BBC LONDON
Komentar

Tampilkan

Terkini