-->

Kaum Muda di Aceh Utara Dilatih Mekanik Sepeda Motor

21 Januari, 2015, 21.12 WIB Last Updated 2015-01-21T14:12:38Z
LHOKSEUMAWE – Guna meningkatkan kemampuan kerja kaum muda di 6 kecamatan di kabupaten Aceh, ExxonMobil Indonesia bekerjasama dengan Universitas Politeknik membuka pelatihan mekanik sepeda motor.

Pelatihan dilaksanakan di Universitas Politeknik, Buket Rata, Kota Lhokseumawe, dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Aceh Utara, Drs. H. Muhammad Jamil, M.Kes, Rabu (21/1).

Direktur Piliteknik diwakili Dr. T. Rihayat, ST, MT, mengatakan, pelatihan mekanik sepeda motor tersebut dalam upaya meningkatkan kemampuan kerja kaum muda di lingkungan ExxonMobil Indonesia ini merupakan keinginan kita bersama dalam mengurangi angka pengangguran dan  memperluas akses lapangan kerja.

Salah satu usaha untuk menangani di bidang pengangguran dan kemiskinan dapat memperluas akses lapangan kerja serta memupuk kewirausahaan sebagai salah satu kunci menuju keberhasilan. Menurut Rihayat, peningkatan kemampuan kerja menjadi solusi bagi kaum muda untuk memasuki dunia kerja sehingga mereka mampu bekerja selayak mungkin, disamping juga memiliki kemampuan kewirausahaan.

Sementara APO ExxonMobil, Indra Sakti, mengatakan bahwa pelatihan yang dilakukan mulai tahun 2011 silam sampai sekarang sudah dilaksanakan kerjasama dengan Politeknik dan Pemkab Aceh Utara untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat serta mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

“Pelatihan ini sangat penting melihat pengguna sepeda motor terus meningkat dari tahun ke tahun dan fenomena ini tidak diimbangi dengan ketersediaan bengkel servis,” ujarnya.

Wabup Aceh Utara Drs. H.Muhammad Jamil M.Kes lebih lanjut mengharapkan pelatihan semacam ini terus dilakukan oleh pihak ExxonMobil bekerjasama dengan Pemkab dan Politeknik. Hal ini dapat tertampung bagi pemuda putus sekolah dari kalangan kurang mampu sehingga nantinya mampu berdikari baik untuk membuka usaha sendiri maupun memiliki skill.

Menurut catatan, lanjut Jamil, Pemkab banyak mengucurkan bantuan untuk bidang pendidikan baik formal maupun informal. Untuk itu, Wabup mengharapkan kepada para peserta pelatihan dapat mengikuti secara serius kegiatan yang berlangsung selama 3 bulan ini. [Liem]
Komentar

Tampilkan

Terkini