-->








Mengapa Perlu Berdzikir Pagi dan Petang?

19 April, 2015, 19.19 WIB Last Updated 2015-04-19T12:20:02Z
Sobat Nida, mengapa kita perlu berdzikir pagi dan petang? Tidak cukupkah berdzikir seusai shalat wajib?

Nah, ternyata ada banyak banget manfaat berdzikir pada pagi dan sore hari, manfaat dunia-akhirat loh Sob. Pokoknya rugi banget kalau kita nggak mengamalkan dzikir pagi dan petang ini.

Soalnya, berdzikir itu bisa dilakukan sambil mengendarai mobil atau motor, menunggu datangnya kereta, dan sambil beraktivitas lainnya. So, don't miss it tiap harinya yaa!

1. Mendapat ampunan dan pahala besar

Sobat Nida yang ngerasa suka berbuat banyak dosa, dzikir bisa menghapus dosa tersebut sedikit demi sedikit Sob.

“Sesungguhnya lelaki dan perempuan muslim, lelaki dan perempuan mukmin, lelaki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, lelaki dan perempuan yang benar, lelaki dan peremuan yang sabar, lelaki dan perempuan yang khusyuk (dalam solat), lelaki dan perempuan yang bersedekah, lelaki dan perempuan yang berpuasa, lelaki dan perempuan yang menjaga kehormatannya, lelaki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar“ (QS. al-Ahzab: 35)

2. Jauh dari perasaan galau

Bagi Sobat Nida yang selalu gelisah, bawaannya nggak tenang, galau, takut, coba deh rutin dzikir  tiap pagi dan petang, in syaa Allah hati yang waswas akan lebih tenang dan happy.

“…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

3. Terlindung dari gangguan syetan

Syetan itu gangguannya banyak Sob, misalnya males ngapa-ngapain, kerjanya ngemil dan tidur mulu, ngegosip, dllsb.

Nah, buat yang pengen terhindar dari gangguan syetan, serta dihapus keburukan dan ditambah amalan kebaikannya, kudu dzikir rutin tiap pagi dan petang.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ.

“Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.” (Dibaca 1o x)

HR. An Nasai dalam ‘Amal Yaum wal Lailah no. 24 dari hadits Abu Ayyub Al Anshori radhiyallahu ‘anhu.

Dalam hadits disebutkan bahwa barangsiapa yang menyebutkan dzikir tersebut sebanyak 10 x, Allah akan mencatatkan baginya 10 kebaikan, menghapuskan baginya 10 kesalahan, ia juga mendapatkan pahala semisal memerdekakan 10 budak, Allah akan melindunginya dari gangguan setan, dan jika ia mengucapkannya di sore hari, ia akan mendapatkan keutamaan semisal itu pula. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib (1/272, no. 650), Tuhfatul Akhyar – Syaikh Ibnu Baz (hal. 55).

4. Dipenuhi kebutuhan dunia dan akhirat

Siapa yang pengen selalu ngerasa hidup pas-pasan? Pas butuh duit, pas ada yang ngasih. Pas mau haji, pas ada dananya, pokoknya selalu cukup deh.

Nah, biasakan berdzikir di pagi dan sore hari ya Sob.

حَسْبِيَ اللهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

“Allah-lah yang mencukupi (segala kebutuhanku), tiada ilah (yang berhak disembah) kecuali Dia, kepadaNya aku bertawakal. Dia-lah Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung.” (Dibaca 7 x)

Dalam hadits dari Abu Ad Darda’ radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa barangsiapa yang mengucapkan dzikir tersebut di shubuh dan sore hari sebanyak tujuh kali, maka Allah akan memberi kecukupan bagi kepentingan dunia dan akhiratnya.

(HR. Ibnus Sunni no. 71 secara marfu’ (sampai pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam), Abu Daud secara mauquf (sampai pada sahabat) (4/321, no. 5081). Syaikh Syu’aib dan ‘Abdul Qodir Al Arnauth menyatakan sanad hadits ini shahih dalam Zaadul Ma’ad (2/376). [Annidaonline]
Komentar

Tampilkan

Terkini