-->








Warga Ambon Galang Dana untuk Pengungsi Rohingya di Aceh

24 Mei, 2015, 16.55 WIB Last Updated 2015-05-24T09:55:50Z
Pengungsi Rohingya
AMBON - Warga di Kota Ambon menggelar aksi penggalangan dana, Minggu (24/5/2015) untuk membantu ratusan warga muslim etnis Rohingya yang terdampar di pesisir pantai Seunuddon, Aceh Utara. Aksi solidaritas itu dilakukan dengan cara mendirikan posko bantuan, tepat di depan Masjid Raya Alfatah Ambon. Selain itu, mereka juga turun ke jalan-jalan sambil membawa kardus bekas untuk menghimpun donasi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, aksi ini mendapat apresiasi warga di Ambon. Tak hanya warga biasa, sejumlah pejabat daerah ikut memberikan sumbangannya. Aksi ini juga dilakukan sambil memajang sejumlah gambar-gambar yang mengisahkan penderitaan warga etnis Rohingya semasa pelarian dari negaranya di Myanmar.

Gambar-gambar ini pun menyedot perhatian warga yang datang ke posko bantuan sebelum memberikan sumbangannya. “Mereka etnis Rohingya adalah saudara kami. Dan kami pernah juga merasakan bagaimana rasanya menjadi pengungsi, kami ke sini untuk membantu mereka,” kata Ramli salah seorang warga.

Koordinator Syam Organizer Ambon, Isya Abdillah, mengatakan bahwa aksi itu dilakukan untuk membantu mereka agar dapat bertahan hidup selama berada di Indonesia. “Ini bentuk keprihatinan kami. Jadi soal kemanusiaan itu tidak harus dibatasi oleh ruang negara. Jadi, ketika ada suadara kita yang terdzolimi, wajib untuk dibantu,” katanya.

Menurutnya, aksi tersebut akan dilakukan selama tiga hari. Setelah itu, pihaknya akan berangkat ke Aceh untuk menyerahkan bantuan warga Ambon tersebut.[Kompas]
Komentar

Tampilkan

Terkini