-->

Lagi! Proyek Peningkatan Jaringan Irigasi Dikerjakan Asal

20 Agustus, 2016, 10.58 WIB Last Updated 2016-08-20T04:17:49Z
ACEH TENGGARA - Proyek Dinas Pengairan Aceh Tenggara kembali mendapat sorotan, kali ini proyek peningkatan jaringan irigasi di Bunga Melur. Proyek yang masih dalam proses pengerjaan ini telah rampung sekitar 40 persen.

Proyek berlokasi di Desa Bunga Melur, Kecamatan Deleng Pokhison, Kabupaten Aceh Tenggara, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK), yang dilaksanakan oleh PT. Saka Desky Kontruksi, dengan nilai kontrak Rp. 2.563.310.000.

Namun miris, proyek tersebut tampak dikerjakan asal-asalan. Dari hasil penelusuran LintasAtjeh.com, di tempat tersebut, Selasa (16/08/2016), tampak batu-batu besar pada dinding saluran irigasi tidak tersusun rapi, dan diduga tidak sesuai dengan spek teknis bangunan proyek, begitu juga di tanggul irigasinya.

Selain itu, kadar semen pada corran juga dinilai kurang, disinyalir kuat ada pengurangan volume. Dan yang paling parah, tanggul irigasi ini diduga tidak memakai fondasi. Lalu, ketebalan tanggul juga dinilai kurang. Pasalnya apabila dibandingkan dengan ketebalan tanggul irigasi di 2015 yang tercatat pernah jebol, irigasi 2015 itu masih lebih unggul.

Dengan kondisi demikian, proyek tersebut diperkirakan akan mengalami nasib yang sama dengan proyek irigasi di Desa Kandang Mbelang, irigasi di Desa Kati Jeroh, dan irigasi di Kampung Melayu. Tak sampai setahun, ketiga proyek tersebut diketahui jebol akibat dari kualitas buruk, sehingga ada yang tidak difungsikan lagi.

Hingga berita ini diterbitkan, dinas terkait dan konsultan proyek belum berhasil dikonfirmasi LintasAtjeh.com.[MSR]
Komentar

Tampilkan

Terkini