-->

Wabup Abdya : Guru Harus Mampu Mendorong Siswa Untuk Berkembang

20 Agustus, 2016, 23.48 WIB Last Updated 2016-08-20T16:55:24Z
ABDYA - Wakil Bupati Aceh Barat Daya, Erwanto secara mendadak melakukan kunjungan dan pengamatan praktik pembelajaran dalam rangkaian kegiatan pelatihan Modul 3 USAID Prioritas di SD Negeri 4 Lembah Sabil, Sabtu (20/8/2016).

Terlihat Wabup Erwanto berinteraksi dengan siswa dan ikut larut dalam percobaan penyulingan air. Secara langsung Erwanto memahami pentingnya mengembangkan kemampuan dan bakat siswa dengan cara langsung bereksperimen.

“Ayo kita tuangkan kembali air kotor ini hingga bersih ya,” katanya memberikan semangat  kepada siswa kelas 5 SD tersebut.

Lanjutnya, memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan kemampuan dan bakat, menciptakan lingkungan kelas yang efektif, mendorong interaksi antar siswa, membangun kecakapan literasi adalah satu praktik baik yang sangat penting dilakukan guru.

“Percobaan sederhana adalah awal dari penemuan besar dan proses pembelajaran seperti itu harus terus dikembangkan oleh guru,” tegas Erwanto.

Disela-sela kunjungan Erwanto juga menyampaikan bahwa guru haruslah mampu mendorong siswa untuk terus berkembang. “Apresiasi tinggi kami sampaikan kepada fasilitator daerah yang telah mendampingi guru dan seluruh ekosistem sekolah yang telah melakukan praktik baik. Sehingga memberi kesempatan pada siswa untuk mengembangkan kemampuannya, serta mendukung guru memahami multi kecerdasan siswanya,” tambah wabup.

Sementara itu, Koordinator USAID Prioritas Abdya, Yusrizal A mengatakan salah satu inti dari pelatihan Modul 3 tersebut adalah pengembangan kemampuan literasi siswa.

“Dalam pelatihan yang akan berlangsung hingga 20 Agustus ini, kita juga melatih guru tentang bangaimana menciptakan lingkungan kelas yang efektif. Kemudian mendorong siswa untuk menalar, menganalisa, merangkum, melaporkan dan dan menkomunikasikan secara baik serta  tentunya menyenangkan bagi siswa,” pungkas Yusrizal.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini