Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Kasrem Teuku Umar Pimpin Upacara Latihan Penangulangan Bencana Alam TA 2017

Share it:
ACEH SELATAN - Korem 012/ Teuku Umar (TU) melaksanakan upacara latihan dalam rangka penanggulangan bencana alam, di Wilayah Dandim 0107 Aceh Selatan. Upacara berlangsung khidmat di Lapangan Naga Gampong Lhok Berngkuang Tapaktuan, Aceh Selatan, Senin (18/12/2017).

Bertindak sebagai inspektur upacara Kasrem 012/TU Letkol Infanteri Yudiyono, S.Ag, sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara Kapten Infantri Rahman. Dan hadir dalam acara tersebut diantaranya, Wakil Bupati Aceh Selatan, H.T.Kamarsyah, Kapolres AKBP Dedy Satsono, ST, Kepala Dinas Pendidikan Martunis, Kepala Dinas Sosial Musni Yakup, serta tamu undangan lainnya.

Perserta upacara melibatkan 150 peserta yakni unsur TNI dan Kodim Aceh Selatan, Yonif 115/ML, Polres Asel, BPBD, Dinsos, PMI dan lainnya.

Letkol Infanteri Yudiyono, S.Ag, dalam amanatnya menyampaikan saat ini, di wilayah Indonesia tidak terkecuali di wilayah Propinsi Aceh memasuki musim dengan curah hujan yang cukup tunggi dan diikuti kondisi cuaca yang sulit diprediksi, bahkan dengan mudah dapat berubah-ubah secara ekstrim.

"Kondisi demikian, menuntut kita semua untuk senantiasa siap siaga dan melanjutkan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir kerugian, baik personil maupun materil," katanya.

Lebih lanjut, kata dia, tujuan penanggulangan bencana yang dilaksakan pada hari ini, bertujuan untuk mengantisipasi dan mengevaluasi sejauh mana kesiapan seluruh unsur yang terlibat baik dari unsur TNI, Pemda maupun masyarakat.

Upaya pengurangan resiko bencana harus dilakukan secara terencana, terpadu dan berkesinambungan, sehingga membutuhkan kerja yang maksimal dan terarah. Selain itu, kata dia, salah satu upaya tersebut adalah dengan peningkatan kualitas lingkungan di sekitar daerah Aceh Selatan. Serta menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya yang tinggal di daerah aliran sungai, daerah rawan longsor agar lebih aktif dalam memilihara dan menjaga kondisi rawan longsor tersebut.

Ia menambahkan, kegiatan penanggulangan bencana ini tentu melibatkan banyak unsur, instansi, dinas-dinas terkait, BPBD serta semua elemen masyarakat

"Kerjasama dan koordinasi yang telah terbina selama ini perlu untuk senantiasa dijaga dan ditingkatkan. Kerjasama dan koordinasi yang baik akan sangat menentukan keberhasilan dalam pelaksanaan tugas satuan dalam rangka meningkatkab kinerja kita yang profesional dan propersional," ungkap Yudiyono.[FA]

Ralat:
Untuk judul Danrem seharusnya Kasrem. Mohon maaf atas kekeliruan penulisan.
Share it:

varia

Post A Comment: