Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Manfaatkan Dana Desa, Gampong Keude Baro Kembangkan Sapi Ternak

Share it:
ABDYA - Gampong Keude Baro, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengalokasikan dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat pada budidaya sektor ternak dengan membagikan 20 ekor sapi anggaran tahun 2018 lalu.

Dialokasinya anggaran Gampong tahun 2018 sebesar Rp 208 juta untuk pengadaan sejumlah 20 ekor sapi merupakan bagian dari program lanjutan dari tahun sebelumnya, bahkan untuk semua masyarakat dapat memiliki sapi akan dilanjutkan pengadaannya pada anggaran tahun ini. 

"Dari 20 ekor jumlah sapi pengadaan tahun 2018 kita bagikan pada 20 kepala keluarga itu artinya kami sudah membagikan kepada 160 KK dari jumlah seluruhnya 233 KK yang ada disini sejak dimulainya program pemberdayaan masyarakat melalui sektor peternakan tahun 2011 lalu," sebut Keuchik Gampong Keude Baro Zainun yang didampingi seluruh aparatur kepada LintasAtjeh.com, Kamis (10/01/2019) usai membagikan sapi kepada keluarga penerima. 

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan, pembagian sapi tersebut dilakukan sangat terbuka dengan cara mengambil kertas undian yang sebelumnya sudah disiapkan oleh aparatur Gampong, ini semua dilakukan demi sebuah keadilan dalam masyarakat karena sisa KK yang belum mendapatkan lebih banyak dengan sapi yang ada. 
Hal seperti inilah yang kami lakukan selama ini kata Keuchik, jadi tidak ada masyarakat yang ribut ketika Ia belum mendapat gilirannya semua harus bersikap sabar karena dilakukan transparan dihadapan semua aparatur dan masyarakat penerima.

"Kami di Gampong Keude Baro bisa dikatakan sudah berhasil dengan program ternak sapi yang diprogram sejak 2011 lalu dengan jumlah sapi sepuluh ekor lebih tapi mampu dikembangkan dan dibagi bergiliran ketika sapi tersebut melahirkan anak, maka jumlah penerima manfaat sudah hampir 200 kepala keluarga insyaallah," jelas Keuchik Zainun lagi. 

Sambungnya lagi, upaya pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan anggaran dana Gampong kami seluruh aparatur Gampong melakukan sesuai dengan keadaan lingkungan Gampong disini sehingga apapun yang kami lakukan merupakan keinginan semua masyarakat. Disisi lain lanjutnya, anggaran dana Gampong juga kami lakukan kegiatan fisik diantaranya ada pembuatan saluran pembuang, talud, pagar lapangan bola, peningkatan jalan antar dusun dan satu unit jembatan berhasil kami selesai seluruhnya. 

"Selain 20 ekor sapi yang telah kami bagi kepada keluarga penerima manfaat juga kami mencoba kegiatan lain yaitu budidaya pinang bhetara, tapi tidak banyak hanya 1000 batang dulu," sebut Keuchik dan sekretaris Gampong Keude Baro diakhir kegiatan. 

Sementara itu, ditempat yang sama, Maili salah satu keluarga penerima manfaat sapi ternak kepada LintasAtjeh.com, mengatakan ucapan terima kasih kepada seluruh aparatur Gampong Keude Baro, Pemerintah disemua tingkatan atas apa yang kita terima hari ini, itu semua berkat sebuah program pemberdayaan bisa dikatakan sangat tepat. 

"Terimakasih ya, semoga apa yang kami terima bisa berkembang cepat dan keluarga disini bisa memiliki ternak semua, maaf ada lagi pak, jalan Gampong kami kapan diaspal," singkat Maili yang disambut ketawa semua Aparatur Gampong.[Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: