Iklan

BPBK Abdya Bersihkan Tumpukan Sampah di Jembatan Pulau Kayu 

14 Maret, 2019, 12.21 WIB Last Updated 2019-03-14T05:22:04Z
ABDYA - Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya (abdya) bersama Tagana, relawan RAPI kabupaten setempat melakukan pembersihan sampah di bawah jembatan lintasan Blangpidie-Meulaboh, di Gampong Pulau Kayu kecamatan Susoh, Kamis (14/03/2019). 

"Dalam kegiatan ini petugas selain melakukan pembersihan secara manual, juga ada menurunkan perahu karet,” sebut Kepala BPBK Abdya, Amiruddin. 

Menurutnya, sampah yang tertumpuk itu merupakan kiriman dari hulu sungai terbawa arus yang alami peningkatan karena curah hujan tinggi. 

"Kita berharap dengan kegiatan ini sekaligus sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir luapan, akibat terhambatnya arus sungai,” tegasnya. 
Petugas BPBK Abdya Bersihkan Sampah
Selain itu, tambahnya, apabila penumpukan sampah dengan volume besar akan beresiko terhadap konstruksi dari jembatan dan jalan yang ada di pinggiran sungai Krueng Susoh tersebut. 

"Ini upaya kita, kita juga berharap masyarakat jangan membuang sampah ke sungai, kerena justru akan membuat aliran air menjadi tersumbat,sehingga menyebabkan bencana banjir," tuntasnya. 

Pantauan LintasAtjeh.com, sampah yang menumpuk karena terhalang tiang-tiang jembatan ini cukup banyak berupa batang kayu dan bambu yang dibawa arus banjir pascahujan beberapa hari lalu.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini