-->




RKBA akan Pugar Makam Ulama Era Kesultanan Aceh

12 Maret, 2019, 18.16 WIB Last Updated 2019-03-12T11:16:12Z
BANDA ACEH - Rumoh Koalisi Budaya Aceh (RKBA) berencana akan memugar Makam Ulama yang berada di Gampong Leugeu, Darul Imarah Aceh Besar. Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator RKBA Aris Faisal Djamin, SH, saat berkunjung ke lokasi, Selasa (12/03/2019). 

"Makam ini akan kami pugar bersama-sama dengan kawan-kawan koalisi budaya. Desainnya sudah dibuat, tinggal menunggu dananya turun. Insha Allah bentuknya akan kita coba buat seperti Makam Malikusaleh di Aceh Utara," jelasnya. 

Aris menyampaikan bahwa makam tersebut sudah dilakukan pengukuran panjang dan lebarnya, sehingga desain dan bentuk akan disesuaikan. 

"Ya, makamnya sudah kami ukur pagi tadi dengan panjang 3 meter dan lebar 60 cm. Sejauh ini masyarakat di lokasi menyambut dengan baik, direncanakan sesudah pemugaran akan kita lakukan prosesi adat Pula Bate sekaligus dengan kanduri apam dikarenakan sudah masuk Bulan Rajab," jelasnya. 

Sementara Sailendra Wangsa, SH, MH, salah satu pengamat dari Aliansi Pengamat Aceh, mengatakan lokasi makam yang akan dipugar tersebut banyak terdapat beberapa makam dari tokoh-tokoh penting era Kesultanan Aceh Darussalam bahkan era Kesultanan Darul Kamal. 

Lanjut dia, disini dulu adalah Kawasan Kesultanan Darul Kamal yang mana Kesultanan ini adalah cikal bakal Kesultanan Aceh Darussalam. Dulu Kesultanan Darul Kamal beribukota di Turam Biluy. 

"Saya mengajak semua pihak baik pemerintah dan masyarakat dapat bekerjasama memugar makam ini," demikian pintanya.[*/Red] 
Komentar

Tampilkan

Terkini