Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Pekan Depan Petani Abdya Kembali Garap Sawah

Share it:
ABDYA - Para petani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali dijadwalkan untuk menggarap sawah pada pertengahan Juni 2019 di sembilan Kecamatan pasca panen kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Drh Nasrudin. 

"Meskipun saat ini belum semua petani di sembilan kecamatan selesai panen, namun dari hasil musyawarah kemarin (11/06/2019) kita menyepakati pertengahan bulan ini harus di mulai mengolah tani lagi," jelasnya kepada Lintasan eh.com, Rabu (12/06/2019) di Blangpidie. 

Ia juga mengatakan, musyawarah turun ke sawah yang digelar kemarin Ikut dihadiri Wakil Bupati Muslizar MT, para Danramil, Babinsa, penyuluh, Mentri tani serta pihak lain yang berurusan langsung dengan kesuksesan pertanian.

Lebih lanjut sebutnya lagi, untuk mendukung program serentak tanam pemerintah daerah melalui dinas pertanian dan tanaman pangan telah menyiapkan 45 unit traktor 4 WD dan sejumlah handtraktor yang masih dalam kondisi siap pakai, selebihnya ada yang harus diperbaiki dulu. 
"Untuk diwilayah yang sudah kita sepakati dilakukan pengolahan tanah pertama kita akan turunkan 20 unit traktor 4 WD supaya cepat," ujarnya. 

Selanjutnya Kadis Distanpam Abdya Drh Nasrudin juga menjelaskan, bahwa pihaknya sudah memiliki traktor yang bisa membuat bendengan langsung, bisa membuat bendengan lahan jangung, lahan kacang dan bendengan lahan bercocok tanam cabe.

"Kita sudah uji cobakan traktor ini dan sangat membantu petani yakinlah kami terus berupaya menyiapkan alat pertanian yang praktis dan efisien bisa memudahkan petani," ucapnya singkat.

Sementara itu, untuk hasil panen padi musim tanam ini, dari hasil ubinan sementara Kabid Produki Darwis menyebutkan, hasil panen yang sedang dilakukan sekarang ini mencapai rata-rata 8 ton lebih perhektarnya ini menunjukkan hasil panen yang bagus.[Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: