-->








Program Smart Gampong Menjadi Prioritas Pembangunan Gampong Digital Aceh 2021

09 Oktober, 2020, 17.54 WIB Last Updated 2020-10-09T10:54:41Z

LINTAS ATJEH | ACEH UTARA - Kunjungan kerja ini sekaligus silaturahmi Azhari, SE, M,Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh ke Gampong Blang Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, untuk melihat dan mendengar langsung perkembangan penerapan Program Smart Gampong yang sudah dijalankan sejak awal tahun 2020 oleh Aparatur Pemerintah Gampong Blang Matangkuli, Jum'at (09/10/2020).


Dalam pemaparan presentasi yang disampaikan oleh aparatur gampong tentang fungsi dan sistem kerja dari aplikasi smart gampong, Azhari berkesempatan juga menyampaikan beberapa pandangan terhadap apa yang langsung disaksikan.


Dijelaskannya, smart gampong ini sangat bermanfaat untuk kemajuan dan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya terkait data-data kependudukan, surat menyurat dan pembangunan. Dimana bisa diakses oleh warga secara online dan offline. Bahkan data BLT, BST dan penerima bantuan pemerintah lainnya dipastikan tidak tumpang tindih.


"Hal seperti inilah yang bisa dikatakan bahwa Gampong Blang ini sudah termasuk gampong smart. Kalau hanya memindahkan data dari manual ke digital, belum bisa dikatakan smart," sebutnya.


Selanjutnya, ia punya harapan besar agar program Smart Gampong ini dapat di tranfer dan di adopsi ke gampong-gampong lainnya dalam Provinsi Aceh untuk menjadi prioritas pembangunan digitalisasi desa Tahun 2021.


Dalam rombongan Kunker DPMG Provinsi Aceh ini juga turut serta Kabid Pengembangan Gampong dan Mukim, Tenaga Ahli IT P3MD Aceh, DPMG kabupaten Aceh Utara, Tenaga Ahli P3MD Aceh Utara dan pendamping desa serta pendamping lokal desa.


Pada kesempatan ini, Ismunazar, SE, MM, Sekretaris Desa Blang Matangkuli yang juga kreator program smart gampong dalam sambutannya menyebutkan kedatangan dan kehadiran Pejabat Tinggi Provinsi Aceh di gampong ini menjadi catatan sejarah yang tidak terlupakan, sekaligus memotivasi semangat untuk lebih berkreasi demi gampong yang lebih baik. 

"Selanjutnya mengharapkan dukungan dan Bimbingan dari pemerintah Aceh terhadap pengembangan smart gampong sebagai sarana untuk mewujudkan gampong sebagai soko guru pembangunan dan pelayanan kepada rakyat, yang terbuka, akuntable dan tidak bertele-tele  sebagai mana harapan Bapak Jokowi Presiden RI," harapnya.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini