-->








Pilchiksung 2022 di Abdya Diprediksi akan Gagal

18 Januari, 2022, 21.32 WIB Last Updated 2022-01-18T15:19:57Z

LINTAS ATJEH | ABDYA - Yayasan Advokasi Rakayat Aceh (YARA) perwakilan Aceh Barat Daya (Abdya) menilai Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) di kabupaten setempat terancam gagal, pasalnya anggaran yang dikucurkan dari APBG tersebut minim.

"Saya rasa dengan anggaran Rp.15 juta itu terlalu sedikit, karena untuk menggaji Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) saja sudah habis, apa lagi kebutuhan yang lain," kata Ketua YARA Abdya Suhaimi. N, usai mengikuti RDP di Aula DPRK Abdya, Selasa (18/01/2022).


Dia juga menyarankan agar anggaran Pilchiksung tersebut ada upaya penambahan, karena mengingat keadaan sekarang masih dalam pandemi Covid-19.


"Menurut saya anggaran yang dibebankan ke APBG untuk mensukseskan Pilchiksung 152 desa di Abdya perlu penambahan, kalau kita hitung angka 15 juta itu tidak cukup," harapnya.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM


"Kalau mengenai surat suara saya rasa itu juga tidak etis, karena terlalu kecil, apa lagi dari kertas HVS. Kertasnya pun mudah luntur. Dan kita khawatir akan ada kecurangan nantinya,"  ujarannya.


Pemuda yang kerap disapa Semi itu juga menyarankan, agar Pilchiksung tersebut harus ada pencoblosan. Karena, kalau cuma memasukkan surat suara kedalam kota suara terlalu mudah terhitung tanpa ada pembukaan pemungutan suara.


"Artinya, kalau seandainya pemilih tinggal mengambil surat suaranya, lalu menaruh ke kotak bakalan calon kan mudah terhitung. Tanpa pemungutan suara," jelas Semi.


Selain anggaran lanjut Ketua Yara Abdya, juga berharap Perbup Pilchiksung tersebut masih belum sempurna sehingga perlu di revisi kembali sebelum Pilchiksung dimulai.


"Didalam Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang "tata cara pemilihan dan pemberhentian keuchik" memang sudah diatur. Tapi, kita berharap harus ada ketegasan dalam isi Perbup tersebut, sehingga masyarakat tidak salah menafsirkan," pungkasnya.[WA]

Komentar

Tampilkan

Terkini