-->








Tradisi Sholat Tarawih di Aceh

28 Maret, 2023, 20.40 WIB Last Updated 2023-03-28T13:40:04Z
SHOLAT TARAWIH atau disebut juga Sholat Trwaih adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim pada bulan Ramadhan. Di Aceh, sholat tarawih memiliki tradisi yang khas dan unik. Berikut ini beberapa tradisi sholat tarawih di Aceh.

Pemanggilan Azan Trawih

Di Aceh, azan tarawih diadakan lebih awal dari pada waktu adzan maghrib dan dilakukan oleh seorang muazin yang akan berjalan mengelilingi kampung atau desa sambil memanggil para jamaah untuk berangkat ke masjid.

Durasi sholat tarawih yang lebih lama

Di Aceh, Sholat Tarawih memiliki durasi yang lebih lama dari pada sholat tarawih yang dilakukan di daerah lain. Sholat tarawih di Aceh bisa berlangsung selama 2-3 jam dan dilakukan dengan tempo yang lambat.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Penggunaan Al-Quran Asli

Di Aceh, pada saat sholat tarawih, Al-Quran yang digunakan adalah Al-Quran asli dan diwariskan dari generasi ke generasi. Al-Quran tersebut biasanya ditulis dengan tulisan tangan dan dihiasi dengan ukiran kayu.

Hafalan Qur'an

Di Aceh, banyak santri-santri yang hafal Al-Qur'an dan pada saat sholat tarawih mereka sering diminta untuk membaca Al-Qur'an.

Santunan pada malam ke-27

Malam ke-27 di bulan ramadhan dikenal sebagai malam Lailatul Qadr. Di Aceh, pada malam tersebut biasanya diadakan santunan bagi anak yatim dan orang yang membutuhkan.

Demikianlah beberapa tradisi sholat tarawih di Aceh. Selain itu, di Aceh juga terdapat tradisi berbuka puasa yang khas seperti menyajikan hidangan sate padang dan mie Aceh.

Penulis: Zavirna Widia Zahra (Mahasiswi Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UIN Ar-Raniry)
Komentar

Tampilkan

Terkini