-->








Kebakaran Kembali Terjadi di Aceh Tamiang, 4 Rumah Hangus Terbakar

01 April, 2023, 14.04 WIB Last Updated 2023-04-01T07:05:00Z

Empat unit rumah berkonstruksi papan di Desa Bukir Rata, Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang hangus terbakar, Jumat (31/03/2023).

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Musibah kebakaran kembali terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang. Kali ini terjadi di Desa Bukir Rata, Kecamatan Kejuruan Muda, menghanguskan empat unit rumah berkonstruksi papan, Jumat (31/03/2023).

Kalak BPBD Aceh Tamiang, Iman Suhery kepada LintasAtjeh.com, Sabtu (01/04/2023) mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 18.10 WIB. Begitu menerima laporan dari masyarakat, petugas piket Damkar langsung meluncur ke lokasi kejadian. 

Namun sayang si jago merah sudah kadung membesar melalap habis empat bangunan rumah warga.

"Kita mengerahkan tiga unit armada Damkar dan satu unit water suplay untuk padamkan api," kata Bayu sapaan akrab Iman Suhery.

Dijelaskan sekitar pukul 20.15 WIB api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa di bulan Ramadhan ini. Namun kerugian yang ditimbulkan dari musibah kebakaran ini ditaksir mencapai setengah miliar.

"Seluruhnya ada empat rumah berkonstruksi kayu habis terbakar, dan total kerugian diperkirakan Rp490 juta. Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak kepolisian, bisa jadi akibat arus pendek listrik," ungkap Bayu.
Adapun identitas korban kebakaran di Desa Bukit Rata beserta kerugian masing-masing yakni, Supriadi 12 dalam tanggungan satu istri dan dua anak dengan kerugian sekitar Rp160 juga, M Ihsan keluarga dalam tanggungan satu istri dan Chairil keluarga dalam tanggungan satu istri dan tiga anak dengan kerugian sekitar Rp150 juta.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Berikutnya Hamdani keluarga dalam tanggungan satu istri dan lima anak dengan kerugian Rp150 juta dan Yono keluarga dalam tanggungan satu istri dua anak dengan kerugian Rp30 juta.

"Saat ini telah dibangun tenda hunian sementara untuk korban kebakaran," pungkasnya.

Sebelumnya akibat selang regulator tabung gas elpiji bocor, satu unit rumah panggung milik Sapiah (64) warga Desa Tanjung Seumantoh, Kecamatan Karang Baru hangus terbakar.

Peristiwa kebakaran itu terjadi, Senin (27/3) pukul 15.30 WIB. Api menjalar begitu cepat karena konstruksi rumah terbuat dari papan ditambah lagi hembusan angin kencang.

"Kebakaran rumah panggung di Desa Seumantoh sumber api diduga berasal dari kebocoran regulator tabung gas ukuran 3 kg," kata Kabid Darlog BPBD Aceh Tamiang Bambang Supriyanto.

Ia menambahkan selama bulan Ramadhan 1444 Hijriyah sudah dua kali terjadi kebakaran di Aceh Tamiang. Waktu kejadian juga hampir sama yaitu sore saat menjelang berbuka puasa.

"Di bulan puasa ini sudah dua kali terjadi kebakaran," tambahnya.[ZF]



Komentar

Tampilkan

Terkini