Selamat dan Sukses Hari Ulang Tahun (HUT) Media Online LintasAtjeh.com Ke-4 Tanggal 07 April 2014 - 07 April 2018 "Semoga Tetap Mengedukasi dan Menginspirasi, Membangun Generasi Melek Informasi, ANTI HOAX" Sponsored By : pewarta-indonesia.com, lintasatjeh.com, nusantaraexpress.com, cyberpost.co.id, sketsanusantara.com, radioqu.com,kalimantanpers.co.id, beritanasional.id, wajoterkini.com, wajosatu.com, netatjeh.info, riauexpress.com, indonesiamediacenter.com, www.radaraceh.com, atjehpress.com, pewarta-madiun.net, bogorbagus.com, indikasinews.com, newswartapublik.com, acehselatan.com, baraknews.com, bedanews.com, merakyat.com, tribratanews.polri.go.id, polresta.jambi.polri.go.id, pantauterkini.co.id, www.baliterkini.com, ekpos.com, mediaprofesi.com, www.reportase.id, mediawawasan.com, pewartasemesta.com, nusantarabicara.co.id, skrinews.com, dasanews.com, dasapos.com, forumnasional.com, forumjateng.com, forumgrobongan.com, forumsemarang.com, indofakta.com, infomadiunraya.com, statusaceh.net, bapanasnews.com, atjehupdate.com.

Wisata Religi di Jakarta, Yuk Kenali Lebih Dalam Masjid Istiqlal

Sumber:abiummi.com

DENGAN mayoritas masyarakatnya yang beragama Islam, sudah barang tentu banyak ditemui masjid-masjid di setiap sudut negeri ini. Tapi ada satu masjid yang menyimpan banyak keistimewaan, mulai dari sejarah, struktur bangunan, hingga faslitisas yang lengkap. Masjid itu bernama Istiqlal. 

Meskipun  tempat wisata di Jakarta banyak jumlahnya, namun untuk kebutuhan wisata religi, Masjid Istiqlal tidak pernah sepi oleh pengunjung. Tidak hanya datang untuk melakukan ibadah, banyak dari pengunjung sengaja menyempatkan diri datang untuk mengangumi keindahan masjid ini. 

Bagi kalian yang belum pernah dan penasaran apa saja keistimewaan Masjid Istiqlal, yuk mari mengenal lebih dekat tempat wisata di Jakarta dengan nuansa religi yang satu ini. 

Keistimewaan masjid ini sudah bisa kalian temui tepat setelah kalian masuk kawasan masjid, yap, keistimewaan itu tergambar dalam sebuah menara dengan tinggi 6.666 cm yang jumlahnya sama dengan ayat dalam kitab suci Al Quran. Di bagian atap menara, terdapat kemuncak meruncing yang memiliki panjang 30 meter. Jadi, total ketinggian menara ini mencapai 96 meter.
Sumber: ajourneybespoke.com 

Melangkah lebih jauh lagi, kalian akan melihat 7 pintu yang akan mengantarkan kalian menuju ke dalam masjid  Ketujuh pintu itu masing-masing memiliki nama yang diambil dari Asmaul Husna, yakni Al Fattah (Gerbang Pembuka) , As Salam (Gerbang Kedamaian), Ar Rozzaq (Gerbang Rezeki), Al Quddus (Gerbang Kesucian), Al Malik (Gerbang Raja), Al Ghaffar (Gerbang Ampunan), dan Ar Rahman (Gerbang Pengasih).

Keistimewaan lain yang bisa kalian temui jika berkunjung ke tempat wisata religi di Jakarta ini adalah bedug yang berukuran raksasa. Bedug yang terbuat dari kayu meranti merah dengan usia sekitar 3 abad ini memiliki berat 2.300 kg, panjang 3 meter, dan berdiameter 2 meter pada bagian depan dan 1,71 meter pada bagian belakang bedug. 

Jika berbicara tentang sejarahnya, Masjid Istiqlal dibangun pada tanggal 24 agustus tahun 1951. Digagas oleh Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno, dan diarsiteki oleh Frederich Silaban, masjid ini didesign khusus untuk mewujudkan Masjid dengan gaya modern.

Sebelum pembangunan dilakukan, pada tahun 1950, Ir Soekarno mengajak para pejabat tinggi negara waktu itu untuk mengadakan perundingan. Tercatat ada nama-nama besar seperti KH Wahid Hasyim, KH Taufiqurrahman, dan H Anwar Tjokroaminoto. 

Masjid yang mampu menampung hingga 2000 orang ini memiliki 5 lantai dan 1 lantai dasar. Kemewahan masjid ini nampak pada lantai marmernya yang berlapis ornamen geometrik dan berbahan baja anti karat. Kemewahan lain juga bisa dilihat dari 12 tiang kokoh yang menopang kubah berdiameter 45 meter.
Sumber: trivia.id

Soal fasilitas, sarana, dan prasarana masjid Istiqlal tak usah dipertanyakan lagi. Mulai dari karpet yang empuk, membuat kalian sangat nyaman saat beribadah, ada juga rak Al Quran, sarana olahraga, sketsel, tenaga hydrofour, pendingin ruangan, sound system, air mancur, TV, hingga komputer.

Masjid yang memiliki luas mencapai sekitar 36,980 m2 ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, lift untuk penyandang difabel, madrasah, poliklinik, dan juga koperasi. Bagaimana? Sangat lengkap bukan? 

Itulah sedikit gambaran tentang keistimewaan tempat wisata religi di Jakarta yaitu Masjid Istiqlal. Seperti halnya masjid pada umumnya, untuk berkunjung ke Masjid Istiqlal bisa kapan saja loh. Asal kalian tetap menjaga sopan santun dan berpakaian rapi ya. Selamat berlibur!

Penulis: Faisal (Online Travel Guide)

Baca Juga