-->

‎Pemko Langsa Dapat Hibah Rusa Dari Istana Bogor

03 Juli, 2015, 18.12 WIB Last Updated 2015-07-03T11:39:18Z
IST
LANGSA - Pemerintah Kota (Pemko) Langsa mendapat hibah 14 ekor hewan rusa dari Istana Bogor.

Hibah rusa dari istana bogor ini tidak terlepas dari peran Bapak Presiden Joko Widodo,"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Jokowi," kata Walikota Tgk Usman Abdullah,SE, kepada lintasatjeh.com, Jum'at, (3/7) di hutan Kota Langsa.

Dimana, rusa yang dihibah dari Istana Bogor ini akan ditempatkan di taman hutan kota yang telah disiapkan Pemko Langsa. Kedepan tidak hanya rusa, beberapa binatang lain juga akan didatangkan.

Dikatakannya, pemerintah akan menjadikan hutan kota di Gampong Paya Bujok Seulamak ini menjadi kebun binatang mini. Walau tidak selengkap di Bogor, namun paling tidak lokasi ini akan menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat langsa dan sekitarnya.

Sementara itu, untuk perawatannya kita akan limpahkan kepada Dinas Kehutanan, Pertanian dan Perikanan, Dispora Buppar, dan Badan Lingkungan Hidup, Pertamanan dan Kebersihan.

Pihaknya memiliki keyakinan hutan kota ini nantinya akan menjadi objek wisata di kota Langsa dan untuk mendukung hal tersebut. Selain itu Pemko juga telah menyiapkan beberapa pra sarana lain, seperti  out bount, sarana air dan lain-lainnya.

"Yang lebih membanggakan kita lagi, Kota Langsa menjadi daerah pertama yang mendapat hibah rusa dari istana Bogor," ujarnya seraya menambahkan kalau ingin melihat rusa dipersilahkan untuk datang hutan kota Langsa.

Petugas Istana Bogor yang mengantar rusa ke Langsa, Ali Syarufudin, mengatakan rusa yang dihibah ke Kota Langsa ini sangat cocok dengan iklim Aceh yang panas, apalagi rusa tersebut berasal dari India dan Nepal yang didatangkan tahun 1811.

Untuk  perawatannya tidak sulit, hal ini karena rusa jenis ini  tidak mudah sakit. Begitu juga dengan makanannya tidak susah, semua jenis rumput pasti suka, seperti rumput gajah. Sementara pucuk daun yang paling digemari daun pohon beringin dan trambesi. 

"Jika makan rumput dan daun, mareka makan pucuknya saja," ujarnya.

Akan tetapi, yang harus diperhatikan sedikit saat kelangsungan populasi, dimana ada larangan yang harus dijaga yakni anak rusa yang baru lahir tidak boleh dipegang. Jika dipegang maka induknya tidak akan menyusui lagi anaknya. Jadi dia sampai mati sendiri.

Dia menyebutkan, untuk tinggi rusa jenis ini, 80 cm untuk yang jantan dan 60 cm untuk yang betina. Sementara beratnya, jantan  80 kg, dan betina 60 kg dan batas umur rusa jenis ini bisa mencapai 30 tahun.

Lanjutnya, yang dikirim ke Langsa 4 jantan dan 10 betina dengan rata-rata umur 3 tahun dan untuk beberapa hari kedepan rusa-rusa ini akan menyesuaikan diri karena lama dalam perjalanan.[dedek]
Komentar

Tampilkan

Terkini