-->

PWI dan IKWI Kota Langsa Dikukuhkan

11 Maret, 2017, 00.56 WIB Last Updated 2017-03-17T13:04:18Z
LANGSA - PWI Cabang Kota Langsa menggelar acara Pelantikan Pengurus PWI dan IKWI Kota Langsa Periode 2016 - 2019 dengan thema "Eksistensi PWI sebagai Organisasi Kewartawanan Indonesia dalam Mewujudkan PERS yang Profesional" bertempat di Aula Cakra Donya (Cakdon) jln. A. Yani, Kecamatan Langsa Kota, Jumat (10/3/2017).

Acara yang dihadiri oleh Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE. Dandim 0104/Atim, Letkol Inf Amril Isya Siregar, SE. Kapolres Langsa, AKBP H. Iskandar ZA, Sik. Kabag Ops Polres Langsa, Kompol Khairullah, SH. Danramil 05/LSK, Kapten CPM Lili Fitriadi. Kapolsek Langsa Kota, AKP Irwanto Harahap, SE. Ketua DPRK Langsa, Burhansyah, SH. Wakil Ketua II DPRK Langsa, Faisal, A. Md. Direktur Oprasional PTPN I, Said Abdurrahman. Camat Langsa Barat, DRS. Mardani Yusuf. Ketua Umum PWI Aceh, Tarmilin Usman, M.Si. Ketua Umum PWI Cabang Kota Langsa, Bahtiar Husin, MA. Sekretaris PWI Cabang Kota Langsa, Munawar, ST. Bendahara PWI Cabang Kota Langsa, Sudirman, SE. Ketua IKWI Aceh, Dr. Harbiyah Tarmilin. para pengurus PWI dan IKWI Cabang Kota Langsa.

Kata sambutan dari Panitia Pelantikan yang disampaikan Munawar, ST. mengatakan bahwa panitia pelantikan mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya acara Pelantikan Pengurus PWI dan IKWI Kota Langsa Periode 2016 - 2019.

“Dengan terbentuknya Panitia yang baru, kita berharap PWI dan IKWI Kota Langsa semakin jaya dan sebagai Garda terdepan dalam menyampaikan setiap berita yang berkembang di suatu Daerah,” harap Munawar.
 
Bahtiar Husin, MA. Ketua Umum PWI Cabang Kota Langsa dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan kehadiran PWI Cabang Kota Langsa semoga dapat menjadi mitra dari semua Instansi, Kewartawanan yang solid dan mampu menyajikan setiap berita sebagai garda terdepan pelayanan untuk masyarakat Kota Langsa.

“Kami akan mengemban amanah yang telah dipercayakan kepada kami untuk melaksanakan tugas semaksimal mungkin agar PWI Cabang Kota Langsa semakin kompak, Solid dan maju,” katanya.

Ketua Umum PWI Aceh, Tarmilin Usman M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa PWI mengedepankan wartawan yang berprofesional dengan menjunjung kode etik dan undang-undang pers seperti, memiliki identitas yang kuat, melindungi kerahasiaan narasumber, Wajib lulus uji kompetensi kewartawanan.

Ia berharap kepada Wartawan yang bernaung di dalam tubuh PWI Cabang Kota Langsa harus kritis dalam situasi apapun untuk membuat berita, dan ia juga mengatakan bahwa wartawan yang tidak lulus uji kompetensi kewartawanan harus dikeluarkan dalam tubuh PWI.

“Kedepan kami akan membuat MOU terhadap instansi TNI-Polri untuk membimbing dan menertibkan terhadap Pers yang tidak lulus uji kompetensi kewartawanan agar dicabut identitas kewartawanannya agar tidak menjadi masalah maupun musuh di lapangan,” ujarnya.

“Saya berharap kepada Walikota Langsa agar jangan membantu jika PWI Cabang Kota Langsa tidak kritis dalam bekerja,” imbuhnya.
“Pada Acara ini saya kira dihadiri juga oleh para keuchik dan kepala sekolah yang ada di Kota Langsa,  tetapi mengapa banyak kursi yang kosong ya?” sindirnya.

Sementara itu, Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE. mengatakan bahwa peran wartawan itu sangat penting dan diperlukan apabila suatu berita itu benar adanya, namun terdapat pula wartawan yang membuat berita yang mengada-ngada untuk kepentingan pribadi.

Menurutnya saat ini di Kota Langsa banyak yang mengaku sebagai Pers, namun kerjanya tidak sesuai dengan etika Kewartawanan sehingga dapat meresahkan sebagian oknum pejabat yang menjadi sasarannya. Oleh karena itu, diperlukan identitas yang sah yaitu harus melalui tes uji kompetensi.[Sm]
Komentar

Tampilkan

Terkini